Kapolda Jatim Fokuskan Penguraian Kemacetan saat Libur Nataru

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

21 Desember 2023 10:03 21 Des 2023 10:03

Thumbnail Kapolda Jatim Fokuskan Penguraian Kemacetan saat Libur Nataru Watermark Ketik
Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2023 dengan Gubernur Jawa Timur dan Kapolda Jatim beserta stakeholder. (Foto: Humas Polda Jatim)

KETIK, SURABAYA – Polda Jatim menggelar apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Semeru 2023 dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) di wilayah Jawa Timur. Apel bertempat di Lapangan Mapolda Jatim, Kamis (21/12).

Operasi Lilin Semeru 2023 memfokuskan penguraian kemacetan jalur destinasi wisata saat libur Nataru.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Imam Sugianto, menyebutkan bahwa apel gelar pasukan ini bertujuan untuk melakukan koordinasi dan pengecekan akhir sebelum operasi dilaksanakan mulai 22 Desember hingga 2 Januari mendatang.

"Kami mengamankan perayaan Natal bagi saudara-saudara kita yang merayakan serta mengamankan pergantian tahun baru 2024," ujar Imam.

Imam menjabarkan, sebanyak 194 Pos Terpadu tersebar di 38 kabupaten/kota di Jatim dalam rangka Operasi Lilin Semeru 2023 dan pengamanan Natal dan tahun baru 2024.

"Pelaksanaan operasi ada 6.874 personel Polri, personel TNI 1.373, instansi lain 4.797, kemudian Pospam dan Posyan dan 194 Pos Terpadu," paparnya.

Dikatakan Imam, Nataru telah menjadi bagian tradisi masyarakat yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat berdasarkan survei Kementerian Perhubungan.

Potensi pergerakan masyarakat pada Natal dan Tahun Baru diperkirakan mencapai 107,63 juta orang meningkat sebesar 143,65 persen atau 63,46 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya.

"Ini ada kurang lebih 16 persen dari total jumlah 107 juta yang tadi berdasarkan survey kementerian perhubungan akan melakukan perpindahan 16 persen itu kira-kira di Jawa Timur akan berpindah sebanyak kurang lebih melakukan perjalanan itu kurang lebih 16 jutaan," jelasnya.

Mengenai pemetaan di beberapa tempat wisata di Jawa Timur, Kapolda Jatim akan memerintahkan beberapa Polres beserta jajarannya untuk berkoordinasi dengan tempat pengelola rekreasi.

"Sedangkan untuk jalur alternatif nantinya akan dipakai, tetapi di jalur protokol dan jalur utama nantinya disiagakan petugas untuk melakukan mengurai kemacetan termasuk penyiapan kantong parkir," ujarnya.

Irjen Pol Imam juga memberikan perhatian khusus untuk wilayah Malang, karena termasuk salah satu daerah terfavorit saat liburan.

"Nantinya di Malang akan kita petakan betul kerawanannya. Mudah mudahan kemacetan di Malang nantinya akan terjadi, yang terpenting jangan berhenti dan tetap berjalan," pungkas Kapolda Jatim.(*)

Tombol Google News

Tags:

Polda Jatim Operasi Lilin perayaan Natal 2023 Tahun baru 2024 Mapolda Jatim Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto