Kapolda Jatim Dikukuhkan sebagai Relawan Pajak

Jurnalis: Samsul HM
Editor: Marno

12 Januari 2024 06:01 12 Jan 2024 06:01

Thumbnail Kapolda Jatim Dikukuhkan sebagai Relawan Pajak Watermark Ketik
Kepala Kanwil DJP Jatim III Farid Bachtiar mengukuhkan Kapolda) Jatim Irjen Pol Imam Sugianto sebagai Relawan Pajak, Jumat (12/1/2024). (Foto: Humas DJP Jatim III)

KETIK, SURABAYA – Kepala Kanwil DJP Jawa Timur III Farid Bachtiar mengukuhkan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur (Jatim) Irjen Pol Imam Sugianto sebagai Relawan Pajak. Pengukuhan dilakukan di Mapolda Jatim, Jumat (12/1/2024).

Relawan Pajak adalah suatu program dari DJP dalam rangka edukasi perpajakan yang melibatkan pihak ketiga, salah satunya pejabat publik Pengukuhan dilakukan saat Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jatim III, Farid Bachtiar, bersama seluruh pimpinan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Jatim, melakukan kunjungan ke Kalpolda Jatum di Surabaya.

Kunjungan ini untuk membangun kerja sama lintas sektor guna meningkatkan kinerja di sektor keuangan dan nonkeuangan.

Selain itu, untuk memperkuat sinergi antara Kementerian Keuangan Jatim dengan Kepolisian Daerah Jatim dalam mendukung optimalisasi penerimaan negara dan kepatuhan perpajakan. 

Kerja sama ini juga diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pertumbuhan sektor keuangan dan perekonomian di Jatim.

Farid Bachtiar menyatakan kerja sama ini merupakan langkah strategis untuk menciptakan sinergi antarlembaga dalam menjaga keamanan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Secara makro, iklim kondusif di Jawa Timur sangat mendukung upaya Kanwil DJP di Jawa Timur untuk bersatu dalam mencapai penerimaan negara yang optimal. Alhamdulillah di akhir tahun 2023, Kanwil DJP Jatim bersatu (Kanwil DJP Jatim I, II, dan III) dapat mencapai penerimaan negara di atas 100%," ujar Farid Bachtiar

 Untuk itu, lanjutnya, kolaborasi Kemenkeu Jatin dan Polda Jatim tentu akan memudahkan upaya kami dalam meningkatkan penerimaan negara dan memajukan sektor ekonomi Jatim.

Farid juga menyatakan kesiapannya untuk memberikan pelatihan teknis terkait pajak kepada Polda Jatim jika diperlukan. Kementerian Keuangan memiliki Balai Diklat Keuangan yang bertugas memberikan pelatihan dan pendidikan di bidang keuangan negara. 

"Untuk itu, jika lingkungan Polda Jawa Timur membutuhkan pelatihan teknis terkait pajak instansi pemerintah, maka kami selalu siap bekerja sama dan memfasilitasi agar kita bisa bersama-sama meningkatkan kepatuhan pajak khususnya dari sektor instansi pemerintah,” tambah Farid.

Selama pertemuan berlangsung, Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Jatum, Taukhid, mengapresiasi peran Polda Jawa Timur terhadap pelaksanaan tugas Kementerian Keuangan Jawa Timur.

“Alhamdulillah capaian penerimaan negara di Jatim tumbuh positif, terutama dari sektor pajak. Ini mencerminkan sinergi yang baik antara Kementerian Keuangan dan berbagai pihak termasuk Polda Jawa Timur dalam menjaga stabilitas keuangan dan meningkatkan,' kata Farid.

Foto Kepala Kantor Kanwil  DJP) Jatim III, Farid Bachtiar, bersama seluruh pimpinan Kementeria

Kemenkeu Jatim, melakukan kunjungan ke Kalpolda Jatum Irjen Pol Imam Sugianto di Mapolda Jatim.(Foto: Humas DJP Jatim III)Kepala Kantor Kanwil DJP) Jatim III, Farid Bachtiar, bersama seluruh pimpinan Kemenkeu Jatim, melakukan kunjungan ke Kalpolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto di Mapolda Jatim.(Foto: Humas DJP Jatim III)

Menanggapi kunjungan dari Kementerian Keuangan Jatim, Kapolda Irjen Pol  Imam Sugianto menyatakan keterbukaannya terhadap komunikasi yang intensif, khususnya dengan Bea Cukai dan Direktorat Jenderal Pajak.

“Kami berkomitmen untuk menjaga kondisi keamanan yang kondusif di Jatim. Kami juga sangat terbuka terhadap komunikasi yang dilakukan secara intensif dengan Kementerian Keuangan secara umum, terutama dengan bea cukai dan pajak untuk memberikan dukungan penuh terhadap pengamanan penerimaan negara,” tuturnya.

Untuk informasi lebih lanjut seputar perpajakan dan berbagai program dan layanan yang disediakan Direktorat Jenderal Pajak dapat dilihat pada www.pajak.go.id atau menghubungimenghubungi Kring Pajak di 1500200. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kepala Kanwil DJP Jatim III Farid Bachtiar Kapolda) Jatim Irjen Pol Imam Sugianto Relawan pajak Kunjungan ke Kapolda Jatim DJP Jatim I II III