Kamu Perlu Tahu Seputar Kamera Handphone

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

28 September 2023 17:21 28 Sep 2023 17:21

Thumbnail Kamu Perlu Tahu Seputar  Kamera Handphone Watermark Ketik
Ilustrasi Kamera Handphone. (Foto: Tim Douglas/Pexels

KETIK, JAKARTA – Saat ini hampir semua handphone memiliki fitur kamera di belakangnya. Dengan fitur ini kita dapat mengambil gambar dengan mudah, tanpa harus membawa kamera tersendiri.

Untuk hasilnya pun sudah sangat baik bahkan kamera handphone saat ini sudah dapat bersaing dengan kamera DSLR dan Kamera Mirrorlens. 

Oleh sebab itu saat ini fitur kamera bisa dibilang sebagai fitur yang penting sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli sebuah handphone.

Salah satu cara yang sering digunakan adalah dengan memasang kamera berukuran megapiksel yang besar. Lantas, manfaat apa sih yang bisa didapatkan dari smartphone dengan kamera bermegapiksel besar? Apakah hasil foto otomatis jadi lebih baik? Berikut uraiannya.

1. Apa yang disebut megapiksel 

Megapiksel sendiri memiliki arti satu juta piksel. Piksel adalah kotak kecil yang disatukan seperti potongan puzzle atau mozaik untuk menyusun foto kita. Resolusi foto akan ditentukan oleh seberapa banyak piksel pada kamera, terang laman The Spruce Crafts.

Tech Target mendefinisikan megapiksel sebagai unit kapasitas pengindraan gambar dalam kamera digital. Secara umum, semakin besar megapiksel dalam kamera, semakin baik kualitas gambar yang dicetak. 

2. Apakah semakin besar megapiksel maka semakin baik

Dengan ukuran megapiksel yang semakin besar maka akan banyak informasi yang diambil saat proses memotret. Kamera 10 megapiksel memiliki sekitar 10 juta kotak kecil untuk menyusun foto, sementara kamera 2 megapiksel hanya punya 2 juta kotak kecil. Alhasil, semakin besar megapiksel, semakin tajam dan jelas hasil foto tersebut.

3. Megapiksel bukan satu satunya 

Walaupun seperti yang disebutkan diatas, jika megapiksel berpengaruh terhadap ketajaman gambar. Namun bukan hanya itu saja yang menentukan bagusnya sebuah foto.

Banyak hal yang harus dipertimbangkan seperti sensor kamera, lensa yang digunakan, pengaturan kamera misal : ISO, dan masih banyak lagi.

4. Sensor kamera lebih berperan

Coba kamu bandingkan hasil jepretan kamera zaman dulu dengan ukuran megapiksel yang besar , dibandingkan dengan hasil jepretan kamera saat ini dengan ukuran megapiksel yang lebih kecil.

Bisa dibilang walaupun memiliki ukuran megapiksel yang kecil namun karena dibekali dengan sensor yang besar, hasil jepretan handphone sekarang lebih bagus. Karena ukuran piksel yang lebih kecil bisa memunculkan lebih banyak noise pada foto.

5. Kamera beresolusi besar membutuhkan penyimpanan yang besar pula

Sudah bukan rahasia lagi rasanya jika kamera dengan ukuran megapiksel yang besar membutuhkan storage yang besar pula. Hal ini sentu saja dapat memakan daya memory yang besar pula.

Jika handphone milikmu memiliki ruang penyimpanan terbatas, maka lebih direkomendasikan ukuran file yang kecil dengan megapiksel yang lebih kecil. 

6. Pertimbangkan fitur lain

Ada banyak sekali fitur yang ditawarkan selain hanya kamera dengan megapiksel yang besar. Seperti dukungan pengambilan gambar low light, image stabilizer, ukuran aperture yang besar, fitur optical zoom, kemampuan mengatur ISO, fitur HDR, panorama hingga dukungan format file RAW.

Fitur fitur ini bisa dibilang memegang peranan penting terhadap hasil jepretanmu nantinya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Handphone kamera Megapiksel fitur foto gambar