Kamabida Jatim Sematkan Mario Aji Duta Pramuka di Ajang Moto3 GP

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Moana

25 Mei 2023 12:19 25 Mei 2023 12:19

Thumbnail Kamabida Jatim Sematkan Mario Aji Duta Pramuka di Ajang Moto3 GP Watermark Ketik
Gubernur Khofifah yang juga Kamabida Pramuka Jatim penyematan kepada pembalap Moto3 GP Mario Aji sebagai Duta Pramuka Jatim di Gedung Negara Grahadi, Kamis (25/5/2023). (Foto: Humas Pemprov Jatim)

KETIK, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendaulat Mario Suryo Aji sebagai Duta Pramuka Jatim di ajang Moto3 GP 2023.

Penyematan amanah tersebut berlangsung saat pelepasan pembalap muda berprestasi tingkat internasional ini di Gedung Negara Grahadi, Kamis (25/5/2023) malam. Mario akan berlaga pada seri Moto3 GP ke-15 di Sirkuit Mugello Italia. 

Gubernur Khofifah selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) mengatakan, proses pemakaian hasduk dan baret kepada pembalap asal Magetan itu merupakan bentuk rasa bangga Pemprov Jatim terhadap prestasi putera asal daerah. 

Dengan penyematan hasduk dan baret, kata Khofifah, di manapun Mario berlaga, bertemu dengan scouts dari berbagai negara, maka akan ada tambahan energi dan semangat baru karena ia telah menjadi Duta Pramuka Jatim. 

Khofifah berharap Mario akan terus mencapai kesuksesan gemilang mengharumkan nama bangsa di manapun ia berada. 

Seringkali Gubernur Khofifah meminta informasi kepada Manajer Mario Aji, Kiagus Firdaus setiap Mario akan berlaga. Gubernur perempuan pertama di Jatim ini terus mengupdate perkembangan Mario. 

"Saya selalu berkirim doa membaca Al-Fatihah untuk dibukakan kelancaran, kesuksesan dan kemenangan Mario Aji," ucap Khofifah. 

Gubernur Khofifah juga menegaskan, ia bersama warga Pramuka Jatim akan bersama napas kejuangan mengiringi kemenangan Mario Aji. 

Karena pada gelaran Race Moto3 Italia 2022, Mario Aji berhasil finish di urutan ke-12. Hasil tersebut menjadi rekor finish terbaik yang pernah diraih oleh pembalap Indonesia selama gelaran Grand Prix. 

Foto Gubernur Jatim Khofifah melepas Mario Aji secara simbolis. (Foto: Humas Pemprov Jatim for Ketik.co.id)Gubernur Jatim Khofifah melepas Mario Aji secara simbolis. (Foto: Humas Pemprov Jatim for Ketik.co.id)

Sosok Mario diharapkan Gubernur Khofifah juga bisa menjadi inspirasi bagi anak muda dari Jawa Timur bahkan seluruh Indonesia untuk bisa terus berjuang meraih mimpinya di bidang apapun dengan tetap membawa misi Merah Putih mengharumkan Indonesia. Kini, Mario juga menjadi Duta Pramuka Jatim dan mampu membangun kekuatan inheren. 

"Hari ini kita bersyukur bahwa kita bersama-sama tentu bersama Ketua Kwarda Pramuka Jatim menyematkan hasduk dan baret sebagai Duta Pramuka Jatim," kata Khofifah. 

Tidak lupa, Gubernur Khofifah juga mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur untuk bersama-sama memanjatkan doa bagi keberhasilan Mario Aji dalam sesi  selanjutnya. Serta diharapkan bisa mencetak rekor-rekor baru lainnya untuk bisa mengharumkan nama  Indonesia di kancah Internasional.

Menurut Khofifah, laga Moto3 GP bukanlah kompetisi yang mudah sehingga tak banyak pembalap lolos kategori ini. 

"Mario ini mudaha-mudahan akan terus naik Moto2 GP dan Moto GP. Kebetulan Mario sudah punya basis sebagai Pramuka," ungkap Khofifah. 

Khofifah optimistis kebersamaan antar lembaga akan menyumbangkan kesuksesan dalam membangun provinsi ini. 

Ia berharap kepanduan akan menjadi bagian dari kekuatan inheren dengan berbagai perjuangan saat Mario berlaga di medan sirkuit seluruh dunia. 

"Pokoknya Jatim harus semakin hebat, semua kekuatan dan energi positif yang dimiliki oleh Jatim memang harus bisa kita maksimalkan dengan peran-peran produktif yang memberikan perspektif kemanusiaan, perdamaian dan perspektif yang bisa membangun kekerabatan, persaudaraan antar bangsa. Saya rasa kepanduan memberikan referensi untuk itu," ucap Khofifah.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kwarda Pramuka Jatim H.M Arum Sabil turut mengungkapkan rasa bangga. Karena, Mario merupakan kader praja muda karana. 

Kini tugas Mario sebagai Duta Pramuka Jatim adalah memberikan keteladanan bagi generasi muda di Jatim maupun Indonesia. 

"Jangan biarkan ada waktu kosong tersia-sia, manfaatkan potensi untuk menjadi orang yang berprestasi. Isi ruang kosong itu antara sekolah dan rumah untuk produktif dan berprestasi," kata Arum. 

Sementara itu, Mario yang hadir bersama sang ibunda, Risworini nampak penuh semangat namun tetap bersahaja.Ia mengaku bangga. 

"Banyak energi dan motivasi," kata dia. 

Mario sendiri telah mempersiapkan diri dengan latihan keras. Karena ia menargetkan bisa mengulangi kesuksesan momentum Moto3 musim lalu. 

"Tentunya ada kebanggaan tersendiri dan Mario ingin berterimakasih kepada ibu gubernur yang sudah menyempatkan waktunya untuk melepaskan Mario menjalani balapan ke-6 di Mugello besok," ujarnya. 

Dengan adanya pelepasan sekaligus penyematan sebagai Duta Pramuka Jatim, Mario akan terus memperkenalkan ikon Pramuka Jatim di seluruh penjuru dunia. 

"Tentunya adanya pengesahan malam ini, Mario mendapatkan banyak sekali energi dan motivasi untuk balapan selanjutnya," ucap Mario yang mengaku belum mengalami kendala jelang laga ini. Bahkan, tahun kemarin ia menunjukkan progres cemerlang.

Justru ia mengaku pesaing terberat adalah dirinya sendiri. Namun, Mario menargetkan mampu melampaui kesuksesan memori balap pada musim kemarin. 

Moto3 GP sendiri akan berlangsung pada 9-11 Juni mendatang. Ronde ke-6 MotoGP 2023 itu akan berlangsung di Sirkuit Mugello. Tentunya Sirkuit Mugello jadi salah satu sirkuit kebanggaan masyarakat Italia.

Tak hanya itu, sirkuit MotoGP Italia 2023 itu jadi salah satu sirkuit favorit para pembalap MotoGP. Sirkuit Mugello mempunyai panjang lintasan 5.245 km, dengan 6 tikungan kiri dan 9 tikungan kanan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Mario Aji mario suryo aji Gubernur Khofifah Moto3 GP Pembalap Jatim Pramuka Jatim Duta Pramuka Jatim