Jokowi Sebut Kebaya sebagai Karakter Bangsa Indonesia

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Marno

6 Agustus 2023 12:34 6 Agt 2023 12:34

Thumbnail Jokowi Sebut Kebaya sebagai Karakter Bangsa Indonesia Watermark Ketik
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana saat berada di Acara Istana Berkebaya. (Foto: Tangkapan Layar)

KETIK, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Istana Berkebaya di Jalan Medan Merdeka Utara, depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Minggu (6/8/2023).  

Jokowi menyebut baju kebaya yang dikenakan para wanita Indonesia melambangkan karakter bangsa dari masa lampau. "Kebaya itu melambangkan karakter masyarakat Indonesia yang anggun, yang lemah lembut, yang sopan, dan bersahaja," kata Jokowi dalam sambutannya membuka event Istana Berkebaya. 

Sementara ibu negara Iriana Jokowi dalam kesempatan tersebut melakukan kegiatan berpantun. "Sebelum acara dimulai izin Pak Jokowi saya mau berpantun. Bunga Menur Bunga Raflesia, Mekar Sekuntum Merah Merona, Citra Luhur Wanita Indonesia, Pribadi Anggunnya Dengan Kebaya," kata Iriana Jokowi. 

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan acara Istana Berkebaya ini merupakan rangkaian HUT ke-78 RI. Acara peragaan busana kebaya ini digelar untuk merayakan keindahan dan keberagaman budaya bangsa Indonesia. 

"Selaras dengan semangat HUT RI ke-78 terus melaju untuk Indonesia Maju, acara Istana Berkebaya mengajak kita untuk mencintai dan melestarikan budaya Indonesia serta merajut persatuan dan kesatuan sebagai fondasi yang kokoh bagi kemajuan bangsa," kata Heru. 

Event ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-78. Sebelumnya pemerintah juga melakukan pemecahan rekor dunia bermain angklung terbanyak di Stadion Gelora Bung Karno Senayan Jakarta pada Sabtu (5/8/2023) malam. (*)

Tombol Google News

Tags:

Jokowi presiden Istana Berkebaya Istana Merdeka baju kebaya Iriana Jokowi