Jenazah Jhosepine Akhirnya Dipulangkan ke Singapura

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: Rudi

11 Mei 2023 01:07 11 Mei 2023 01:07

Thumbnail Jenazah Jhosepine Akhirnya Dipulangkan ke Singapura Watermark Ketik
Jenazah Jhosepine ketika tiba di RS. dr. Haryoto Lumajang. (Foto: Dok RS dr Haryoto Lumajang for Ketik.co.id)

KETIK, LUMAJANG – Sekitar pukul 02.00 Kamis (11/5/2023),  jenazah Jhosepine Tham Sook Min, wisatawan asal Malaysia yang meninggal dunia di Air Terjun Tumpak Sewu akhirnya dipulangkan dari Rumah Sakit dr. Haryoto Lumajang menuju negara asal suami, yakni Singapura.

Informasi yang diterima dari sejumlah sumber yang ikut membantu proses pemulangan jenazah Jhosepine menyebutkan, pihak keluarga, termasuk suami dari Jhosepine menerima kejadian ini sebagai musibah, dan setelah melengkapi sejumlah surat yang diperlukan, akhirnya jenazah Jhosepinie dipulangkan.

“Suaminya menerima kejadian ini sebagai musibah. Dan semalam itu surat-surat yang diperlukan untuk proses pemulangan dilengkapi. Saya melihat ada petugas dari Kantor Imigrasi Jember yang ikut hadir, sehingga proses pemulangan itu bisa dilakukan,” kata Tia, salah seorang pegiat wisata Lumajang.

Walaupun Jhosepine berkewarnegaraan Malaysia, namun Jhosepine kabarnya akan dimakamkan di Singapura, negara asal suaminya.

“Kalau yang saya dengar tadi malam, penerbangan akan dilakukan dari Bandara Juanda Surabaya langsung ke Singapura. Karena suaminya menginginkan almarhum istrinya dimakamkan di Singapura,” kata Tia kemudian.

Dalam rangka pemulangan jenazah Jhosepine ini memang diperlukan sejumlah administrasi termasuk dari kepolisian, bahkan kabarnya Kepala Dinas Pariwisata Lumajang juga ikut menandatangani surat-surat yang diperlukan untuk proses pemulangan Jhosepine.

Sebagaimana diberitakan media ini sebelumnya, Jhosepine Tham Sook Min (58) meninggal dunia setelah terpeleset saat menuruni lembah Air Terjun Tumpak Sewu. Diduga kepala Jhosepine membentur batu di Tumpak Sewu yang menyebabkan yang bersangkutan meninggal dunia dalam perjalanan menuju Puskesmas Pronojiwo.

Jhosepine bersama 6 orang lainnya datang ke Tumpak Sewu melalui Malang dan sampai di Pronojiwo sekitar pukul 10.00. Sekitar pukul 11.00, Jhosepine terpelet dan  wisatawan tersebut meninggal dunia.

Sementara itu Dul Karim, pengelola Tumpak Sewu yang kami hubungi pagi ini belum menerima sambungan telepon dari media ini.(*)

Tombol Google News

Tags:

wisatawan malaysia meninggal di Tumpak Sewu Tumpak Sewu Lumajang Wisata Lumajang Lumajang berita lumajang hari ini Berita Jawa Timur hari ini