Jadi Tuan Rumah JWG XIII RI-Prancis, Unesa Ajak Perluas Kerja Sama

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

4 Juli 2024 16:15 4 Jul 2024 16:15

Thumbnail Jadi Tuan Rumah JWG XIII RI-Prancis, Unesa Ajak Perluas Kerja Sama Watermark Ketik
Para delegasi JWG XIII RI-Prancis yang hadir di Unesa (3/7/2024). (Foto: Unesa)

KETIK, SURABAYA – Ratusan delegasi dan jajaran pejabat pemerintah Indonesia dan Prancis menghadiri Pembukaan Joint Working Group (JWG) XIII RI-Prancis 2024 yang dilaksanakan di Graha Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Kampus 2 Lidah Wetan, Surabaya, pada Rabu (3/7/2024).

JWG XIII RI-Prancis kali ini tema yang diambil adalah "Fostering Indonesia-French Higher Education, Research, and Innovation Partnership for Advanced and Sustainable Future.”

Acara dua tahunan ini diselenggarakan untuk memperkuat kerja sama antara Indonesia dan Prancis di bidang pendidikan tinggi, riset, dan inovasi, termasuk kebudayaan.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti mengatakan dalam pertemuan ini ratusan delegasi dari kedua negara telah membahas beragam rencana kerja sama. Tidak hanya antar pemerintah, tetapi juga lembaga riset dan pendidikan tinggi juga dilibatkan.

"Melalui kerja sama ini diharapkan proses dan hasil (output dan outcome) pendidikan dapat menjadi semakin berkualitas. Pun semakin banyak hasil riset yang bisa digunakan di dua negara," kata Suharti.

Pada kesempatan yang sama Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Fabien Penone menambahkan salah satu kerja sama yang menjadi perhatiannya adalah sektor pendidikan. Program seperti pertukaran pelajar dan pemberian beasiswa akan semakin dipererat guna meningkatkan kualitas SDM kedua negara.

"Program seperti student mobility (pertukaran mahasiswa) tentu sangat penting bagi dua negara. Kami harap banyak mahasiswa Indonesia yang datang dan belajar di kampus kami, dan begitupun sebaliknya,” tambahnya.

Sementara itu Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung penguatan kerja sama Indonesia-Prancis. Unesa, lanjutnya, juga memiliki visi untuk dapat semakin memperluas kerja sama internasional, salah satunya lewat kegiatan tersebut. 

“Bidang potensial apa yang ada di Prancis dan apa yang ada di Indonesia bisa dikolaborasikan untuk sama-sama menjawab tantangan pendidikan melalui penguatan inovasi," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pendidikan Unesa JWG XIII RI-PRANCIS kerja sama International