Innalillahi, Kakak Tertua Cak Nun, KH Ahmad Fuad Effendi, Berpulang

Jurnalis: Millah Irodah
Editor: M. Rifat

20 Januari 2023 07:52 20 Jan 2023 07:52

Thumbnail Innalillahi, Kakak Tertua Cak Nun, KH Ahmad Fuad Effendi, Berpulang Watermark Ketik
KH. Ahmad Fuad Effendi (Cak Fuad). (Foto: caknun.com)

KETIK, MALANG Kakak kandung ulama dan budayawan Emha Ainun Nadjib (Cak Nun), KH. Ahmad Fuad Effendi (Cak Fuad) tutup usia, Jumat (20/1/2023) pukul 8.07 WIB di Rumah Sakit UMM Malang. Sebelumnya, anak pertama dari pasangan Muhammad Abdul Latif dan Chalimah tersebut memang sudah menderita sakit.

Cak Fuad merupakan anak tertua dari 15 bersaudara. Sedangkan budayawan Emha Ainun Nadjib merupakan adiknya yang nomor empat. Cak Fuad adalah sosok yang paling dekat dengan Cak Nun.

Saat Cak Nun menempuh pendidikan di pondok Gontor Ponorogo, Cak Fuad adalah orang yang mengantar. Begitu juga saat suami dari Novia Kolopaking itu pindah ke Yogyakarta.

Kabar meninggalnya Ahmad Fuad Effendi telah dibenarkan oleh pihak keluarga. Jenazah Cak Fuad menurut rencana akan dimakamkan di pemakaman keluarga ‘Sentono Arum’ Desa Menturo Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang pada Jumat sore (20/1).

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Telah dipanggil ke haribaan Allah swt Kakak, Sesepuh dan Teladan kami semua keluarga Bani Muhammad serta Uswatun Hasanah dan Marja’ Utama Jamaah Maiyah se-Nusantara; Ahmad Faud Effendi,” tulis akun Instagram resmi @caknundotcom.

Cak Fuad merupakan guru utama atau marjak jemaah Maiyah. Dirinya selalu hadir dalam Pengajian Padhang Bulan yang digelar setiap tanggal 15 (penaggalan hijriyah). Pengajian ini pertama kali digelar pada Oktober 1994.

Dalam pengajian tersebut Cak Fuad menyampaikan tafsir Alquran secara tekstual. Kemudian dilanjutkan tafsir konstektual oleh Cak Nun.

Selain itu, Cak Fuad juga dikenal sebagai pakar bahasa Arab. Dia merupakan dosen di Universitas Negeri Malang (dulu IKIP Malang). Kakak tertua dari Cak Nun ini juga merupakan salah satu anggota Majelis Umana’ (Dewan Pendiri/Pembina) di King Abdullah bin Azis International Centre for Arabic Lenguage.

Abdullah bin Abdulaziz International Center for Arabic Language merupakan lembaga resmi tertinggi dalam menjaga Bahasa Arab di dunia, yang berpusat di Riyad, Arab Saudi. Cak Fuad dipercaya untuk menjadi member of the board of trustees (anggota dewan pengawas) oleh Pemerintah Arab Saudi.

Hanya ada 9 orang dari seluruh dunia yang ditugasi Kerajaan Arab Saudi mengemban amanat tersebut. Cak Fuad adalah satu-satunya yang berasal dari Indonesia. Selamat jalan Cak Fuad. (*)

Tombol Google News

Tags:

Cak Fuad Cak Nun emha ainun najib meninggal Wafat Jombang