Inilah Tips agar Tidak Salah Kostum saat Hadiri Pesta Pernikahan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Rudi

10 Juni 2023 20:24 10 Jun 2023 20:24

Thumbnail Inilah Tips agar Tidak Salah Kostum saat Hadiri Pesta Pernikahan Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Sergio/Pexels)

KETIK, JAKARTA – Pesta pernikahan adalah salah satu momen membahagiakan bagi pasangan. Dan tentu saja melalui momen ini pasangan pengantin akan mengundang teman, sanak saudara dan kolega untuk berbagai kebahagiaan. 

Karena itu tentu dalam menghadiri pesta pernikahan kita tidak boleh memakai baju yang asal asalan. Apalagi saat pesta pernikahan tersebut mengusung tema khusus. Tentu saja untuk menghormatinya kita harus mengenakan pakaian yang sesuai agar tidak salah kostum.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan agar kamu terhindar dari salah kostum saat menghadiri pesta pernikahan.

1. Jauhi Warna Putih

Meski warna putih adalah salah satu warna favorit banyak orang, namun sebaiknya warna ini kamu hindari saat menghadiri pesta pernikahan. Hal ini karena kebanyakan pengantin pasti mengenakan warna ini untuk gaunnya. Ditambah lagi jika pakaian yang kamu kenakan memiliki aksen yang cukup ramai. Hal ini akan membuat pengantin merasa tersaingi. Karena itu sebaiknya gunakan warna lain dan biarkan pengantin bersinar di hari bahagianya.

2. Hindari Warna yang Sama dengan Panitia

Untuk menghindari kesalahpahaman saat di pesta pernikahan. Sebaiknya hindari mengenakan pakaian yang sama dengan panitia. Jika pengantin merupakan keluarga, saudara atau teman dekat, kamu dapat mencari tahu warna pakaian yang digunakan panita. Dengan demikian kamu dapat menggunakan warna lain.

3. Jangan Gunakan Outfit Casual

Untuk menghargai undangan dari pengantin, tentu saja kita harus hadir dengan busana yang pantas daripada menggunakan outfit casual. Kamu bisa padu padankan gaun pendek berwarna netral dengan riasan natural dan sedikit aksesoris rambut sebagai pemanis. 

Sedangkan bagi pria, alih-alih menggunakan jas bisa pilih mix and match blazer, kemeja, dan celana dengan warna senada.

4. Ketahui Konsep Acara

Seperti yang kita ketahui di Indonesia memiliki beragam tradisi dan budaya terutama dalam hal pernikahan. Oleh sebab itu penting bagimu untuk  mengetahui konsep pernikahan agar kamu dapat menyesuaikan outfit yang akan dikenakan. 

Jika pesta pernikahan digelar dengan budaya tradisional kamu bisa mengenakan pakaian senada atau batik dan kain tenun. Namun jika pernikahan digelar dengan konsep internasional kamu dapat mengenakan gaun atau setelan jas yang sesuai.

5. Menggunakan Sepatu yang Nyaman

Dalam memilih dan mengenakan outfit tertentu kenyamanan memegang peranan yang penting. Salah satunya adalah pemilihan sepatu. 

Mengenakan sepatu yang nyaman adalah hal yang penting, tidak harus menggunakan sepatu hak tinggi. Kamu bisa menyesuaikan sepatu bergantung pada konsep acara.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pesta pernikahan pengantin outfit Tema