Inilah Tanda-Tanda Haid segera Datang

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

18 November 2023 02:02 18 Nov 2023 02:02

Thumbnail Inilah Tanda-Tanda Haid segera Datang Watermark Ketik
Ilustrasi kram perut salah satu tanda haid akan datang. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Haid merupakan siklus perubahan fisiologis yang dialami wanita secara berkala setiap bulan. Haid pada wanita adalah suatu perdarahan rahim yang sifatnya fisiologik (normal), sebagai akibat perubahan hormonal yaitu estrogen dan progesteron.

Jika haidmu lancar itu pertanda organ reproduksimu sehat. Namun masih banyak para wanita yang tidak mengetahui kapan haid akan datang. Padahal jika mereka mengetahui maka akan jadi lebih mudah mengantisipasi perubahan energi tubuh dan mencegah rasa tidak nyaman berlebihan yang akan hadir saat haid. Saat haid akan datang biasanya tubuh akan memperlihatkan beberapa tanda.

Lima hal ini yang terkait perubahan dengan tubuh umumnya menjadi tanda haid akan datang dalam waktu dekat. Mulai dari perubahan yang dirasakan payudara hingga perut kembung. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Payudara terasa lebih sensitif

Saat payudaramu membengkak, kamu dapat mengantisipasi nya sebagai pertanda akan datangnya haid. Melansir laman flo.health, Amanda Kallen, MD, associate professor di Yale University School of Medicine of Reproductive Endocrinology and Infertility memaparkan bahwa payudara bisa terasa nyeri dan lebih sensitif karena perubahan kadar hormon. Estrogen memperbesar saluran payudara dan progesteron membuat kelenjar susu membengkak. 

2. Muncul jerawat

Jika akan memasuki masa haid, produksi minya di kulit akan meningkat. Hal ini tentu saja akan menimbulkan jerawat. Hal ini terjadi karena dipengaruhi oleh naiknya hormon progesteron dalam tubuh

3. Kram perut

Kram perut juga bisa menandai haid akan datang. Kadang otot-otot perut yang berkontraksi bisa menjalar hingga punggung bagian bawah. Untuk meredakannya bisa dengan mengkompres area perut dengan kompres hangat atau minum minuman hangat.

4. Perut kembung

Saat mendekati masa haid kadar progesteron yang meingkat akan melambatkan kerja pencernaan. sehingga bisa memicu konstipasi dan perut kembung. 

5. Mudah lelah

Energi yang terasa cepat terkuras habis juga bisa menjadi tanda akan haid. Apalagi kalau jam tidur tidak teratur, maka tubuh bisa gampang letih. Suasana hati pun bisa ikut tidak stabil saat akan haid.(*)

Tombol Google News

Tags:

wanita Menstruasi haid organ reproduksi Kram perut