Inilah Risiko Jika Tidak Mengganti Sikat Gigi Secara Berkala

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Moana

15 Juli 2023 06:56 15 Jul 2023 06:56

Thumbnail Inilah Risiko Jika Tidak Mengganti Sikat Gigi Secara Berkala Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Sarah Chai/Pexels)

KETIK, JAKARTA – Saat kecil kita seringkali diberi nasehat untuk rajin menggosok gigi. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan, menggosok gigi membersihkan dan menjaga kesehatan mulut. Namun satu hal yang tidak kalah penting banyak orang yang lupa untuk menjaga kebersihan sikat gigi.

Padahal, sikat gigi merupakan peralatan yang sangat penting untuk menjaga kebersihan gigi. Tidak hanya itu agar gigi bersih maksimal, sikat gigi harus diganti secara berkala. Salah satu alasannya, karena bulu sikat gigi yang sering digunakan lama kelamaan akan kehilangan daya bersihnya.

Tidak hanya itu, ada banyak alasan lain kenapa kamu harus mengganti sikat gigimu. Berikut ini kami uraikan untuk Anda.

1. Gigi Rawan Plak

Seperti yang sudah disampaikan di atas. Jika bulu sikat gigi akan kehilangan daya bersihnya seiring dengan penggunaannya. Hal ini dapat menyebabkan kotoran dan plak menumpuk di gigi karena tidak dibersihkan secara sempurna. Jika hal ini terjadi, maka gigi akan rawan berlubang yang menimbulkan penyakit gusi.

2. Rawan Radang Tenggorokan

Sikat gigi merupakan alat yang harus dimiliki oleh setiap anggota keluarga. Jika salah satu keluargamu sedang sakit, ada baiknya untuk kamu mengganti semua sikat gigi yang ada di rumah. 

Hal ini harus dilakukan karena biasanya sikat gigi para anggota keluarga akan disimpan menjadi satu di kamar mandi. Infeksi virus dan bakteri yang terdapat pada sikat gigi orang yang sakit, akan menimbulkan radang tenggorokan. 

3. Gigi Akan Rusak

Setiap kita menggosok gigi, sikat gigi akan terpapar kotoran, plak dan bahan kimia dari pasta gigi. Hal ini dapat membuat bulu sikat melemah setiap kali digunakan. Bulu sikat yang lemah memiliki daya bersih yang kurang sehingga gigi akan rawan rusak karena banyak kotoran tersisa.

Demikian alasan kenapa kamu harus rajin mengganti sikat gigi. Usahakan untuk mengganti sikat gigi minimal tiga bulan sekali atau jika sikat gigi sudah rusak.(*)

Tombol Google News

Tags:

Sikat gigi kebersihan mulut kesehatan Radang tenggorokan