Inilah Rekomendasi Buah-buahan yang Bisa Meningkatkan IQ

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

3 Januari 2024 16:25 3 Jan 2024 16:25

Thumbnail Inilah Rekomendasi Buah-buahan yang Bisa Meningkatkan IQ Watermark Ketik
Buah blueberry. (Foto: Pexels)

KETIK, SURABAYA – Otak merupakan salah satu organ tubuh yang memegang peranan vital dalam diri kita. Otak mempunyai tugas mengkoordinasikan gerakan tubuh, mulai dari cara kita bergerak dan merasakan.

Selain itu otak juga bertugas untuk mengontrol kerja indra kita seperti mata, hidung, telinga, kulit dan lidah. Berangkat dari hal tersebut penting untuk menjaga kesehatan otak kita agar dapat bekerja dengan baik.

Seiring berkembangnya otak manusia mulai dari kecil hingga dewasa hal ini menunjukkan makin bertambah juga IQ yang kita miliki untuk membantu kemampuan berfikir dan mengambil keputusan.

Untuk menjaga daya kembang otak dan meningkatkan IQ beberapa buah memiliki kandungan penting yang terbukti dapat merangsang otak untuk bekerja lebih baik. 

Berikut ini adalah rekomendasi buah buahan yang dapat meningkatkan kesehatan otak dan kecerdasan kita.

Bluberry

Berdasarkan penelitian, rutin mengonsumsi buah blueberry terbukti dapat dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif seseorang. Hal ini karena blueberry mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Seperti yang kita tahu, proses penuaan akan menurunkan fungsi beberapa organ tubuh, salah satunya otak.

Alpukat

Seperti yang diketahui banyak orang, alpukat mengandung banyak lemak baik. Lemak baik ini terdiri dari lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, lemak ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh slaah satunya dapat mengurangi peradangan yang ada pada otak. Ditambah dengan kandungan vitamin C dan E yang berguna menjaga kesehatan otak dan fungsi kognitif.

Jeruk

Buah jeruk merupakan buah yang cukup sering dikonsumsi. Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C ini merupakan salah satu antioksidan yang terbukti dapat membantu melindungi otak dari paparan radikal bebas. 

Foto Buah pisang. (Foto: Pixabay)Buah pisang. (Foto: Pixabay)

Pisang

Pisang merupakan buah tropis yang memiliki kandungan potasium yang merupakan mineral penting bagi tubuh. Kandungan ini lah yang mengatur keseimbangan terutama yang ada di dalam tubuh, memecahkan dan memanfaatkan kandungan karbohidrat, serta menambah protein. 

Kandungan potasium pada pisang juga mampu meningkatkan fungsi kognitif otak dengan cara mengatur aktivitas listrik yang ada pada otak.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan PISANG IQ Kemampuan otak kecerdasan Blueberry alpukat