Inilah 5 Manfaat Teh Earl Grey Bagi Kesehatan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

13 Januari 2024 23:20 13 Jan 2024 23:20

Thumbnail Inilah 5 Manfaat Teh Earl Grey Bagi Kesehatan Watermark Ketik
Ilustrasi teh earl grey. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Sejak dahulu teh dipercaya sebagai minuman kesehatan yang memiliki banyak khasiat. Berasal dari China, daun teh kemudian menyebar ke seluruh penjuru dunia hingga akhirnya semakin banyak jenis teh yang diracik oleh para ahli teh. 

Berangkat dari hal tersebut, akhirnya kini kita menjumpai banyak jenis teh yang dijual di pasaran. Teh hitam dan teh hijau merupakan jenis yang populer, namun selain itu juga terdapat teh earl grey. Teh ini dipercaya memiliki beragam manfaat kesehatan.

Earl Grey terbuat dari teh hitam yang dicampur dengan minyak bergamot. Teh ini lahir di Inggris di tahun 1824. Nama "earl grey" berasal dari nama aristokrat Inggris bernama Charles Grey.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari teh earl grey:

1. Meredakan Sakit Maag

Senyawa antioksidan di dalam bergamot yang menjadi campuran earl grey diketahui bisa meredakan peradangan akibat infeksi Helicobacter pylori. Oleh sebab itu mengkonsumsi teh earl grey dipercaya mampu meredakan sakit maag. 

2. Meningkatkan Energi

Seperti teh pada umumnya, earl grey memiliki khasiat untuk meningkatkan energi. Hal ini karena kandungan kafein yang ada di dalamnya. Walaupun tidak sebanyak kopi, kandungan kafein tersebut cukup untuk memberikan tenaga dalam memulai beraktivitas.

3. Mencegah Kanker

Teh memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan ini memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab timbulnya sel kanker dalam tubuh. Oleh karena itu, teh  dapat memberi kita peluang lebih besar untuk menghindari penyakit tersebut.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi yang sedang berdiet, tidak ada salahnya menambahkan teh earl grey ke menu diet. Hal ini karena kandungan bergamot yang merupakan salah satu jenis jeruk.

Sejak dahulu banyak orang percaya bahwa buah jeruk pada umumnya dapat menurunkan berat badan. Diperkirakan bahwa kalori dipecah menjadi makanan untuk otot atau dilepaskan melalui proses metabolisme alami. 

5. Mencegah Penyakit Jantung

Mengkonsumsi earl grey secara rutin dipercaya mampu mencegah penyakit jantung. Hal ini karena kandungan teh hitam di earl grey berguna untuk menurunkan kadar trigliserida darah dan meningkatkan 'kolesterol baik' HDL setelah tiga bulan. Dengan begitu, risiko terserang penyakit jantung pun ikut berkurang.(*)

Tombol Google News

Tags:

teh Earl Grey kesehatan bergamot kolesterol energi