Inilah 5 Cara Menjaga Hubungan Pertemanan Tetap Baik

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

6 Januari 2024 00:32 6 Jan 2024 00:32

Thumbnail Inilah 5 Cara Menjaga Hubungan Pertemanan Tetap Baik Watermark Ketik
Ilustrasi pertemanan. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Sebagai manusia, kita tidak dapat hidup sendiri dan saling memerlukan satu sama lain dalam menjalani kehidupan. Salah satunya lewat pertemanan, dalam berosialisasi tentu kita memiliki beberapa teman, baik itu teman dekat atau teman akrab.

Hubungan pertemanan yang kuat ternyata mampu memengaruhi kehidupan sosial kita menjadi lebih baik. Pertemanan yang kuat dan suportif juga dipercaya mampu mengurangi stres, menambah kebahagiaan, dan panjang umur, lho.

Namun, di satu sisi hubungan pertemanan yang kurang baik juga dapat menyebabkan stres, bahkan dihantui rasa bersalah. Menjaga hubungan pertemanan tetap baik memang bukan perkara mudah, tapi bukan berarti tidak dapat dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga hubungan pertemanan tetap baik.

1. Sisihkan waktu untuk bertemu teman

Di tengah kesibukan kegiatan sehari hari, jangan lupa untuk menyisihkan waktu kita bertemu dengan teman-teman. Dengan begitu, kita dapat mengobrol maupun berbagi cerita sehingga hubungan kita dapat semakin erat. Apalagi jika antara kita sudah jarang bertemu.

2. Cobalah saling bersikap asertif

Sikap asertif merupakan sikap dimana kita menyampaikan perasaan dan pikiran secara tegas. Hal ini sangat penting dalam hubungan pertemanan. Dengan sikap ini, setiap individu dalam circle pertemanan kita dapat menyampaikan perasaannya dan harus berkorban. 

Dengan begitu, hubungan yang saling support, komunikasinya baik, dan langgeng bersama teman akan tercipta.

3. Saling mendengar dan memberikan masukan

Dalam hubungan pertemanan tentu kita sering saling berbagi cerita dan memberikan nasehat kepada teman. Hal ini sangat membantu untuk psikologis karena dengan didengar, seseorang akan merasa diperhatikan. 

Apalagi jika kita dapat memberi nasehat yang baik terkait apa yang harus dilakukan, tentu hubungan pertemanan positif semacam inilah yang akan membuat pertemanan kalian menjadi awet. 

4. Memilih pertemanan yang baik

Tidak dapat dipungkiri dalam hubungan pertemanan seringkali kita menemukan orang yang kurang cocok sehingga membuat kita stres. Terkait hal ini tidak ada salahnya jika kita memilih menjauhi orang tersebut. 

Jangan pernah takut kehilangan teman, bukankah teman yang baik dan sedikit sudah cukup memberikan warna tersendiri dalam hidup kita agar semangat menjalani hidup.

5. Selesaikan masalah dengan baik

Dalam hubungan pertemanan tidak jarang kita mendapati masalah. Namun ada baiknya agar setiap permasalahan yang ada diselesaikan dengan baik-baik. 

Selain itu, jangan biarkan permasalahan menumpuk dan berlarut untuk diobrolkan. Masalah yang berlarut akan memperburuk pertemanan kalian.(*)

Tombol Google News

Tags:

gaya hidup nasehat pertemanan Sosial manusia hubungan