Ini Pernyataan Lengkap Dokter Forensik Mengenai Kasus Kematian 2 Musisi Akibat Miras

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Marno

29 Desember 2023 09:28 29 Des 2023 09:28

Thumbnail Ini Pernyataan Lengkap Dokter Forensik Mengenai Kasus Kematian 2 Musisi Akibat Miras Watermark Ketik
Kepala Instalasi Forensik Rumah Sakit Umum dr. Soetomo dr. Abdul Aziz saat memberikan keterangan. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Dua korban tewas dari grub band Oghie and Friends diketahui meninggal setelah menenggak minuman beralkohol di Cruz Lounge Bar Vasa Hotel Surabaya.

Kepala Instalasi Forensik Rumah Sakit Umum dr. Soetomo dr. Abdul Aziz menjabarkan hasil dari pemeriksaan dua korban yaitu Wiliam Adolf Refly dan Indro Purnomo. Ia menjelaskan kandungan apa saja yang ada di dalam tubuh korban.

"Jenazah pertama kami terima pada 26 Desember pukul 01.00 WIB dini hari dan yang kedua kami terima 26 Desember jam 13.30 WIB," jelasnya saat Press Confrence di RSUD dr. Soetomo Jumat (29/12/2023).

Aziz menjabarkan autopsi dilakukan dari internal Soetomo karena memang keduanya mendapat perawatan di RS Soetomo.

Aziz menjabarkan pihaknya masih melakukan proses pemeriksaan lebih lanjut apakah mengandung jenis etanol, metanol atau isopotanol.

"Kita menegakkan apakah itu memang meninggal karena alkohol atau tidak, dalam pemeriksaan penunjang untuk sampai saat ini masih dalam proses pemeriksaan," katanya.

Aziz menjabarkan alkohol yang biasa dikonsumsi adalah jenis etanol, jika mengandung metanol itu jarang ada alkohol yang mengandung zat tersebut.

"Mungkin penyalahgunaan sering digunakan. Mungkin orang awan tidak paham dengan metanol. Metanol kalau di masyarakat itu spirtus. Metanol lebih berbahaya," jelasnya.

Tak hanya melakukan pemeriksaan toksikologi, tim forensik juga melakukan pengecekan dengan bekerja sama dengan Laboratorium Patologi Anatomi Central RSUD dr Soetomo.

Pemeriksaan itu dilakukan untuk mengetahui kelainan organ akibat mengkonsumsi etanol ataupun metanol.

"Untuk mengetahui kelainan organ akibat mungkin yang diduga alkohol, jenis etanol ataupun metanol itu, untuk jelasnya, berapa lama menyelesaikan pemeriksaan itu, saya tidak bisa memberikan jawaban," tutur dr. Aziz.

Aziz menjabarkan jika orang tersebut tidak biasa minum alkohol, dengan dosis yang sama, dampaknya akan lebih kuat dia daripada yang biasa minum.

"Terlebih, racun itu sendiri, dosisnya bisa bersinergis dengan zat lain,  mempengaruhi bagaimana racun bekerja pada tubuh sehingga menyebabkan kondisi korban parah ketika minum itu," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Oghie and Friends Cruz Lounge Bar Vasa Hotel minuman alkohol dokter forensik dr. Abdul aziz RSUD Dr Soetomo dua musisi Surabaya Surabaya