Ini Deretan Penyanyi Asal Jawa Timur dari KD sampai Salma Idol

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Marno

17 Juli 2023 21:09 17 Jul 2023 21:09

Thumbnail Ini Deretan Penyanyi Asal Jawa Timur dari KD sampai Salma Idol Watermark Ketik
Penyanyi asal Jawa Timur. (Foto: kolase Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Penyanyi asal Jawa Timur menghiasi dunia hiburan tanah air, selain memiliki wajah yang sedap dipandang artis dari Jatim ini memiliki bakat yang luar biasa sehingga dikenal banyak orang dan meraih sukses. 

Hadirnya artis asal Jatim ini juga tak lepas dari industri hiburan yang berkembang pesat di Jatim. Apalagi, Jatim juga merupakan provinsi terpadat ke-2 di Indonesia setelah Jawa Barat. Maka jangan heran jika dunia entertainment Indonesia diramaikan oleh para artis berparas cantik asal Jawa Timur. Berikut daftarnya. 

1. Krisdayanti atau KD 

Krisdayanti merupakan seorang penyanyi, pemeran sekaligus politisi Indonesia. Perempuan yang lahir pada 24 Maret 1975 di Kota Batu, Jawa Timur ini dikenal sebagai seorang diva papan atas. Dia mengawali kariernya sebagai pengisi suara di film anak-anak Megaloman saat berusia 9 tahun.  

2. Ahmad Dhani 

Ahmad Dhani merupakan pentolan band Dewa 19. Selain itu, ia juga dikenal sebagai musisi yang menciptakan banyak hits. Baik yang dinyanyikan bersama Dewa 19 maupun musisi lainnya. 

Ahmad Dhani merupakan musisi asal Surabaya, Jawa Timur. Ia lahir pada 26 Mei 1972. 

Selain bersama Dewa 19, ada banyak band lainnya yang pernah Dhani gawangi. Seperti Ahmad Band, The Rock, T.R.I.A.D, dan MahaDewa. 

3. Via Vallen 

Maulidia Octavia atau dengan nama panggung Via Vallen ini lahir di Surabaya pada 1 Oktober 1991. Dia merupakan seorang penyanyi dangdut koplo Indonesia. Via mengawali kariernya di dunia musik sejak usia 15 tahun, Ia diketahui tinggal di Sidoarjo. 

4. Anang Hermansyah 

Anang Hermansyah lahir di Jember pada 18 Maret 1969. Sebagai penyanyi dan pencipta lagu, karier Anang terbilang lengkap. Ia punya album solo, duet dan album band bersama Kidnap Katrina. 

5. Ari Lasso 

Penyanyi legendaris asal Madiun ini dulunya pernah menjadi vokalis grup Dewa 19. Setelah keluar dari grup tersebut, Ari Lasso masih aktif di dunia musik dan merilis beberapa lagu terkenal, seperti Hampa, Cinta Terakhir, Karena Aku Tlah Denganmu, dan Rahasia Perempuan. 

6. Denny Caknan 

Penyanyi dangdut dari Ngawi yang namanya sudah kondang di Jawa Timur. Penyanyi kelahiran 1993 ini mengeluarkan lagu-lagu yang ikonik. Seperti lagu berjudul Kartonyono Medot Janji, Ojo Di Bandingke, Kalih Welasku, hingga Los Dol. 

7. Happy Asmara 

Pemilik nama asli Heppy Rismanda Hendranata itu lahir pada 10 Juli 1999 di Kediri, Jawa Timur. Happy merupakan anak sulung dari pasangan Hendro Siswantoro dan Dwi Yuslianti. 

Dulu, Happy hanyalah seorang gadis desa biasa yang sering membantu neneknya mencari rumput untuk makan kambing. Hingga kemudian, Happy pernah terpilih menjadi salah satu model untuk majalah anak-anak saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). 

8. Tiara Andini 

Penyanyi muda Tiara Andini lahir di Jember pada 23 September 2001. Awalnya, ia dikenal karena merupakan runner-up Indonesian Idol periode 2019-2020. 

Sejak itulah, ia menyanyikan lagu-lagu yang melejit. Seperti 365, Janji Setia, Merasa Indah dan Usai. 

9. Keisya Levronka 

Keisya Levronka merupakan jebolan dari ajang pencarian bakat Indonesia Idol, penyanyi muda ini berasal dari Malang Jawa Timur. Tidak hanya piawai dalam bernyanyi Keisya sekarang merambah ke dunia akting. 

10. Salma Salsabil 

Penyanyi berhijab asal Probolinggo, Jawa Timur, itu mencuri perhatian dengan talentanya saat membawakan lagu “Just The Way You Are” dari Bruno Mars. 

Salma merupakan mahasiswa jurusan Penyajian Musik di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Tak hanya memiliki suara yang indah, pemilik akun Instagram @salmasalsabil12 itu juga pandai memainkan alat musik gitar. 

Itulah 10 penyanyi terkenal saat ini di Jawa Timur menurut data yang dihimpun oleh tim Ketik.co.id, mana favoritmu Rek? (*)

Tombol Google News

Tags:

Penyanyi asal Jawa Timur jatim Krisdayanti Anang Hermansyah Ari Lasso Happy Asmara Denny Caknan Salma Salsabil Tiara Andini Keisya Levronka Ahmad Dhani Via Vallen