Inginkan Balai RW Jadi Pusat Kegiatan Warga, Eri Cahyadi Wacanakan Beri Anggaran Operasional

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

7 September 2023 12:47 7 Sep 2023 12:47

Thumbnail Inginkan Balai RW Jadi Pusat Kegiatan Warga, Eri Cahyadi Wacanakan Beri Anggaran Operasional Watermark Ketik
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi ingin menjadikan Balai RW sebagai episentrum atau pusat dari berbagai kegiatan positif masyarakat.

Lebih dari itu, Balai RW juga diharapkan menjadi ruang untuk menggerakkan semangat gotong-royong dan kerukunan antar warga.

"Insya Allah Pemkot Surabaya akan support terus untuk memberikan yang terbaik bagi warga," tuturnya.

Maka dari itu, Eri mewacanakan adanya anggaran operasional untuk RT/RW pada tahun 2024. Anggaran operasional tersebut diharapkan dapat mendukung berbagai kegiatan positif masyarakat di Balai RW.

"Untuk tim anggaran, ini Balai RW sudah semakin banyak yang bagus, nanti saya minta tolong tahun 2024 masukkan (anggaran) untuk operasionalnya RT sama RW," kata Eri.

Eri menyebut bahwa anggaran operasional ini berbeda dengan dana insentif yang selama ini diterima Ketua RT/RW di Surabaya. Dimana anggaran operasional diperuntukkan dalam mendukung kegiatan masyarakat di Balai RW.

"Kalau selama ini RT/RW ada honor insentifnya, maka tahun 2024 masukkan buat operasionalnya. Mungkin (anggaran operasional) per RW Rp300 ribu, per RT Rp200 ribu. Misalnya untuk kegiatan RW, bayar listrik dan sebagainya," ujarnya.

Tak hanya itu, fasilitas pendukung untuk Balai RW juga tak luput menjadi concern pemikiran Eri. Wacana tersebut tentu dengan tetap memperhatikan kekuatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Surabaya.

"Karena saya ingin RW itu bergeraknya luar biasa. Tapi yang pasti operasionalnya untuk RW/RT harus dipikirkan," pungkas Eri  (*)

Tombol Google News

Tags:

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi Balai RW anggaran operasional RT/RW 2024