Presiden Jokowi Sebut Potensi Zakat Capai Rp300 Triliun

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

25 September 2024 22:24 25 Sep 2024 22:24

Thumbnail Presiden Jokowi Sebut Potensi Zakat Capai Rp300 Triliun Watermark Ketik
Presiden Jokowi saat membuka Rakornas Baznas di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara, Rabu (25/9/24).(Foto: Setpres)

KETIK, KUTAI KARTANEGARA – Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi terhadap kinerja Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam meningkatkan pertumbuhan zakat, infak, dan sedekah di Indonesia. Menurut Presiden, sejak diluncurkannya Gerakan Cinta Zakat pada tahun 2021, pertumbuhan zakat, infak, dan sedekah di Indonesia terus meningkat rata-rata sebesar 30 persen per tahun.

"Ini angka pertumbuhan yang cukup besar. Untuk itu, saya mengapresiasi, sangat menghargai kerja keras seluruh jajaran di Baznas sehingga pertumbuhan tersebut mampu terus dicapai," ujar Presiden saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Baznas di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara, Rabu (25/9/2024).
 
Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasi terhadap penerapan digitalisasi dalam acara-acara yang diadakan oleh Baznas. Presiden menyebut bahwa digitalisasi dapat mempermudah layanan zakat dan menjangkau lebih banyak mustahik (penerima zakat) serta muzaki (pemberi zakat).

"Saya senang beberapa kali saat Baznas mengadakan acara di istana semuanya sudah digitalisasi. Bentuk-bentuk kecepatan seperti itu yang kita inginkan dalam kita berpemerintahan di negara yang kita cintai ini," ungkap Presiden.

Presiden mengatakan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia memiliki potensi zakat yang sangat besar hingga Rp300 triliun. Presiden pun menekankan pentingnya menggali dan mengelola potensi ini dengan baik.

"Sekarang penduduk kita 236 juta penduduk muslim, sebuah jumlah yang sangat besar. Tentu saja potensi zakat kita juga masih sangat besar untuk bisa kita gali dan kita kelola dengan baik," ucap Presiden.

Selain itu, Presiden berpesan agar program zakat lebih fokus pada pemberdayaan ekonomi umat, khususnya usaha mikro, usaha kecil, perempuan, dan penyandang disabilitas. Presiden Jokowi pun optimis Baznas mampu menjadi lembaga yang dipercaya masyarakat dalam menyalurkan zakat, infak, dan sedekah, sekaligus memperkuat ekonomi umat di Indonesia.

"Sehingga nilai manfaat dari program-program zakat bisa semakin terasa di masyarakat, bisa semakin terasa di rakyat, dan secara kumulatif bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat kita, mengurangi kemiskinan dan mempersempit ketimpangan yang ada," pungkas Presiden.
 

Tombol Google News

Tags:

presiden Presiden Jokowi Joko Widodo Baznas zakat