Ikhzal dan Mailan Dinobatkan Jadi Agam Inong Duta Wisata Nagan Raya

Jurnalis: Basriadi
Editor: Cutbang Ampon

4 Agustus 2024 12:45 4 Agt 2024 12:45

Thumbnail Ikhzal dan Mailan Dinobatkan Jadi Agam Inong Duta Wisata Nagan Raya Watermark Ketik
Pj Bupati Nagan Raya menyerahkan penghargaan untuk Agam Inong Duta Wisata Nagan Raya, Sabtu malam (3/8/2024). (Foto: Diskominfotik Nagan Raya)

KETIK, NAGAN RAYA – Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Aceh, Fitriany Farhas membuka kegiatan Malam Penobatan Agam Inong Duta Wisata Kabupaten Nagan Raya tahun 2024.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) itu berlangsung pada Sabtu (3/8/2024) malam, di Anjungan Pendopo Bupati, Kompleks Perkantoran Suka Makmue.

Dalam arahannya, Pj Bupati Fitriany Farhas mengatakan pariwisata merupakan salah satu sektor yang memberikan sumbangsih nyata bagi pendapatan asli daerah.

Dikatakan, perkembangan pariwisata menjadi salah satu komponen paling penting di era yang serba digital. Dalam hal ini, pariwisata dapat berdiri dengan mengusung tiga komponen baik amenitas, aksesibilitas dan atraksi.

Pj Bupati perempuan satu-satunya di Provinsi Aceh itu menuturkan, salah satu peranan atraksi yang dapat dilihat langsung adalah peran anak-anak muda yang tergabung dalam duta wisata.

"Peranan duta wisata dalam promosi pariwisata menjadi salah satu aspek paling penting, mengingat anak muda adalah agen perubahan bangsa khususnya di Kabupaten Nagan Raya," ujar Fitriany.

Menurutnya, penyelenggaraan kegiatan pemilihan agam inong duta wisata, tidak hanya mengusung tujuan memilih pemenang untuk dikirim ke tingkat provinsi, akan tetapi lebih menitik beratkan pada aspek kepedulian anak muda terhadap pariwisata di Kabupaten Nagan Raya.

"Kami sangat mendukung segala aspek yang digerakkan oleh kaum muda demi terciptanya Nagan Raya bereh dan sejahtera," imbuhnya.

Pj Bupati Fitriany Farhas sangat berharap melalui pemilihan agam inong duta wisata ini bisa melahirkan sosok panutan anak muda yang dapat terus berkontribusi bersama pemerintah dalam mempromosikan pariwisata unggulan Kabupaten Nagan Raya.

"Kami berharap tetaplah berkarya, rendah hati dan mengedepankan etika terhadap sesama," pungkas Fitriany Farhas yang mengenakan pakaian merah putih di malam kegiatan itu.

Sementara itu, Kepala Disbudparpora Nagan Raya Fariky dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 35 

peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa dan pelajar yang merupakan putra-putri Kabupaten Nagan Raya.

"Rangkaian kegiatan pemilihan Agam Inong Duta Wisata Nagan Raya tahun 2024 telah dimulai dari 13-17 Juli 2024, seleksinya tanggal 22-24 Juli, hingga tahapan karantina yang 

diselenggarakan pada tanggal 1-3 Agustus di Hotel Grand Nagan, serta penobatan yang diselenggarakan pada tanggal 3 Agustus 2024," jelas Fariky.

Adapun pemenang Agam Inong Duta Wisata Kabupaten Nagan Raya adalah juara I Ikhzal Sapril Kadri dan Mailan Adima, juara II Rahmat Fauziansyah dan Ella Annisa dan Juara III Agus Azhari dan Khairatul Nisak.

Untuk juara atribut Agam Inong Duta Nagan Raya yaitu, juara Duta Favorit Agam Inong yaitu Ikhzal Sapril Kadri dan Mailan, juara Duta Presentasi Terbaik Agam Inong disematkan kepada Abdul Rani dan Cahyu Rauza Zulwafa, juara Duta Berbakat Agam Inong yakni Arman Supriadi dan Dhea Deliana Darlin.

Selain itu, juara Duta Ekonomi Kreatif Agam Inong yakni Indra Mustakim dan Novia Sari, sedangkan juara Duta Persahabatan Agam Inong yaitu Tiger Dzikri Fadila dan Gadis Triwandini.

Turut hadir unsur Forkopimda, Pj ketua TP-PKK, ketua DWP, Sekda, para Asisten, kepala SKPK, orang tua peserta duta wisata dan undangan lainnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Duta Wisata Nagan Raya agam inong Aceh Fitriany Farhas