Ikan Bakar di Janenake Pacitan, Bumbunya Meresap Bikin Ketagihan

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

26 Agustus 2023 01:45 26 Agt 2023 01:45

Thumbnail Ikan Bakar di Janenake Pacitan, Bumbunya Meresap Bikin Ketagihan Watermark Ketik
Salah satu menu ikan bakar di Rumah Makan Janenake Pacitan, yang bakal memberikan pengalaman makan hemat tanpa kompromi rasa. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Di tengah semarak kuliner khas Indonesia, bingung mau memilih yang mana? Di Kabupaten Pacitan, ada Ikan Bakar khas Rumah Makan Janenake yang yang lokasinya berada di Timur MI Al Huda, Jalan KH. Wakhid Hasyim No 64, Lingkungan Peden, Kelurahan Ploso.

Salah satu hal yang membuat Rumah Makan Janenake begitu istimewa adalah komitmennya untuk memberikan pengalaman makan hemat tanpa mengurangi kualitas rasa. Ditambah ciri masakan khas jawa yang bikin penikmat ketagihan.

Owner Rumah Makan Janenake, Muhammad Rofiqin menyampaikan, resto ini berdiri sejak tahun 2020 lalu, dikonsep untuk memicu geliat masyarakat dalam menilik sektor perikanan. Termasuk, menegaskan bahwa makan seafood yang lezat, tidak harus merogoh kocek terlalu dalam.

"Sesuai jargon kami di papan depan rumah makan tertulis, 'Imbuh Dewe Limolasewu Sak Warege', (nambah sendiri lima belas ribu sampai kenyang) itu, dari situ kami memang ingin memberikan pengalaman makan hemat tanpa kompromi rasa," kata Pak Mamat sapaan akrabnya, saat ditemui Ketik.co.id, Jum'at (25/8/2023).

Sapaan Pak Mamat atau kepanjangan dari Paket Makan Hemat kini melekat pada pemilik resto seafood itu. Tak salah, rumah makan ini menjadi tujuan favorit bagi warga lokal dan wisatawan yang mencari hidangan lezat dengan harga terjangkau.

Para pejabat tinggi pun pernah menyicip legitnya ikan bakar Janenake, seperti Gubernur Jawa Barat Ganjar Pranowo, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono. Kemudian, ada Gus Miftah, dan Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar.

Foto Pemilik Janenake, Muhammad Rofiqin bersama tim dalam kegiatan bakar ikan 78 kilogram. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Pemilik Janenake, Muhammad Rofiqin bersama tim dalam kegiatan bakar ikan 78 kilogram. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

Mamat mengatakan, ikan bakar di restorannya dibuat dengan teknik memanggang yang sempurna, kemudian dipadukan dengan bumbu khas, hingga meresap ke dalam daging ikan. Tak lupa, tambahan rempah-rempah pilihan, agar menghadirkan perpaduan rasa gurih dan pedas yang akan memanjakan lidah. Disusul dengan pilihan beragam sambal, pengalaman makan pun semakin lengkap.

"Ikan Bakar khas Janeake ini menggunakan daun singkong dan kuah santan, dan hanya menggunakan ikan laut segar asli nelayan lokal," ungkapnya.

Selain rasa lezat dan nikmat, Ikan Bakar khas Rumah Makan Janenake Pacitan ini harganya cukup bersahabat dengan isi kantong pengunjung, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu.

Menu yang ditawarkan yakni Ikan Bakar Kuah Santan dengan Nasi Putih dan Thiwul sepuasnya seharga Rp15 ribu, lalu Paket Semeja makan dan minum untuk 6 orang dibanderol Rp100 ribu, untuk teh Manis hanya Rp1 ribu.

"Spesialis kami yaitu ikan bakar besar, berapa pun orangnya cukup satu ekor ikannya," tuturnya.

Ikan Bakar Janenake juga melayani pesan antar sampai ke Kabupaten Ponorogo, Kota Madiun, Solo, Jogja hingga Malang menggunakan jasa travel. Dengan harga yang terjangkau, para pengunjung dapat menikmati hidangan khas dengan porsi yang memuaskan.

Hal ini menjadikan tempat ini sebagai pilihan favorit bagi mereka yang ingin menikmati makanan lezat tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. "Kalau laper tapi pengen hemat, ya ke Janenake solusinya," ucap Pak Mamat dengan penuh senyuman.

Menu Andalan

Ikan Bakar dan Gule Kakap di Rumah Makan Janenake adalah pilihan yang tepat untuk menghangatkan perut di hari-hari yang sejuk. Menu favorit ini memadukan cita rasa pedas dan gurih dengan daging kakap yang lembut.

Kuah santan yang begitu kental, pun sangat legit ketika diseruput di saat kondisi lelah. Disajikannya secara prasmanan dengan nasi putih atau tiwul hangat, kuliner ini menjadi hidangan yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman.

"Yang membedakan dengan menu lainnya adalah bumbu yang kami proses secara tradisional sehingga rasanya memang unik khas makanan jawa. Patut dicoba untuk menu yang ini," ujarnya.

Foto Neon box Janenake, pengendara yang melintas wajib mampir. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Neon box Janenake, pengendara yang melintas wajib mampir. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

Tentang Rumah Makan Janenake

Rumah makan ini awal didirikan pada bulan September 2020 lalu, awalnyahanya melayani pesanan dengan mobil atau nomaden. Pada Januari 2023, mulai menetap di tempat wisata Mentari Hill Pacitan.

Sejak 26 Mei 2023 hingga sekarang, Pak Mamat memutuskan untuk membuka di rumahnya sendiri, yang kini menjadi Gerai Makan Janenake.

Dengan sentuhan khas dan pelayanan ramah, tempat ini telah membangun reputasi sebagai tempat yang menyajikan hidangan lezat dengan harga terjangkau.

Bagi yang ingin mencoba pengalaman makan hemat namun tetap menikmati hidangan yang lezat, Rumah Makan Janenake adalah pilihan yang tepat. Dapatkan sensasi ikan bakar yang menggugah selera hanya di Janenake kota seribu satu gua.

Lebih lanjut, bagi pengendara yang melintas dapat langsung mampir ke Rumah Makan Janenake yang berada di timur MI Al Huda, Jalan KH. Wakhid Hasyim Nomor 64, Peden, Ploso, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Janenake juga menerima pesanan online, bisa pesan melalui nomor 082142811002.

Tombol Google News

Tags:

JANENAKE pacitan Kuliner