Hujan Lebat di Kabupaten Malang, Atap Puskemas Ambrol hingga Motor Nyaris Terseret Banjir

Jurnalis: Gumilang
Editor: Naufal Ardiansyah

30 November 2023 12:44 30 Nov 2023 12:44

Thumbnail Hujan Lebat di Kabupaten Malang, Atap Puskemas Ambrol hingga Motor Nyaris Terseret Banjir Watermark Ketik
Kondisi Puskesmas Jabung Kabupaten Malang yang kotor akibat atap ambrol saat hujan lebat disertai angin kencang. (Foto: Tangkapan layar Info Malang).

KETIK, MALANG – Hujan lebat disertai angin kencang terjadi di Kabupaten Malang, Kamis(30/11/2023). Diketahui terjadi beberapa peristiwa akibat hujan lebat disertai angin kencang yang melanda beberapa desa maupun kecamatan tersebut.

Peristiwa pertama terjadi di Kecamatan Singosari. Setidaknya ada dua kejadian akibat cuaca buruk. Yakni tembok roboh di Karanglo, Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Beruntung tidak ada korban jiwa pada peristiwa itu. Selanjutnya, banjir serta luapan air terjadi di depan Pasar Singosari. Akibatnya, terdapat pengendara sepeda motor yang kesulitan terjang luapan air.

Pengendara sepeda motor saat kesulitan menerjang banjir di depan Pasar Singosari Kabupaten Malang. (Foto: Tangkapan layar Info Malang).

Supaya tidak terseret luapan air yang cukup deras, pengendara sepeda motor itu harus dibantu oleh warga lainnya. Peristiwa tersebut terekam melalui video yang viral di Instagram.

Hujan disertai angin kencang juga mengakibatkan pohon tumbang di Desa Sukolilo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Akibat peristiwa itu, satu rumah warga tertimpa pohon tumbang.

Penanganan pohon tumbang di tempat tersebut sudah dilakukan Polsek setempat dibantu warga bersama berbagai pihak terkait. Masih di Kecamatan Jabung, Puskemas di wilayah tersebut juga terdampak hujan deras disertai angin kencang.

Atap Puskesmas Jabung ambrol akibat hujan deras disertai Angin kencang. BPBD Kabupaten Malang telah melakukan pemetaan bencana pada saat musim hujan kali ini.

"Sudah dilakukan apel pasukan dan peralatan di Polres Malang kemarin. Kami bersama instansi lainnya siap siaga mengantisipasi bencana," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan.

Ia menyebutkan, beberapa wilayah rentan terjadi bencana hidrometerologi. Diantaranya, bencana angin puting beliung rentan terjadi di 11 kecamatan, seperti di Kecamatan Singosari, Pakis, Karangploso dan Dau yang berada di Malang Utara.

Sedangkan untuk tanah longsor ia menyebutkan rentan tejadi di 16 kecamatan diantaranya Kecamatan Pujon, Ngantang dan Kasembon wilayah Malang barat dan wilayah Malang Selatan.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan ketika terjadi hujan intensitas tinggi. Selain itu, kami memiliki anggota dan relawan yang siap membantu masyarakat," jelasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kabupaten Malang Bencana hujan lebat Angin kencang