Hermawan Kartajaya Berikan Gelar Gubernur Punakawan untuk Ganjar Pranowo

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

3 Agustus 2023 11:39 3 Agt 2023 11:39

Thumbnail Hermawan Kartajaya Berikan Gelar Gubernur Punakawan untuk Ganjar Pranowo Watermark Ketik
Ganjar Pranowo saat menerima gelar Gubernur Punakawan di IMF 2023. (Foto: Dok. Markplus)

KETIK, SEMARANG – Seiring dengan meningkatnya sektor pariwisata Joglosemar (Jogja,Solo, Semarang) yang terus naik dan maju di era post-normal ini, kenaikan aktivitas pariwisata juga terlihat kembali pulih berkat pembangunan infrastruktur jalan tol yang masif dilakukan. 

Hal ini merupakan bentuk keberhasilan dari berbagai tantangan yang sempat menimpa Pemerintah Daerah Jawa Tengah. 

Maka dari itu Hermawan Kartajaya menganugerahkan Gelar Gubernur Punakawan kepada Ganjar Pranowo karena telah menjadi pemimpin yang menawarkan solusi. 

Hermawan menilai cerminan Ganjar Pranowo sebagai sosok pemimpin yang kreatif dan inovatif, di mana bentuk ini merupakan model pemasaran terkini yang diinspirasi filosofi Punakawan asli Indonesia. 

Menurut Hermawan Joglosemar ini memiliki daya tariknya sendiri, contoh kemajuan infrastruktur dan kenaikan aktivitas pariwisata adalah hasil pemimpin yang terus mau berkreasi dengan kreatif dan inovatif. 

"Pak Ganjar ini jadi salah satu teman saya yang mempercayai ‘kenakalan’ saya tadi yang mau menerobos inovasi baru di setiap halnya, seperti kehadiran filosofi Punakawan di buku Entrepreneurial Marketing," paparnya di The 11 Indonesia Marketing Festival (IMF) 2023, Kamis (3/8/2023). 

Hermawan juga melihat inovasi-inovasi yang bergerak di perusahaan dan individu masyarakat Jawa Tengah, nantinya akan ada penghargaan untuk memberikan apresiasi kepada mereka. 

Setelah menerima penghargaan tersebut, Ganjar Pranowo mengungkapkan bahwa dirinya banyak terinspirasi dari buku Entrepreneurial Marketing. 

Ganjar bercerita Ia cukup terkejut dengan keberanian Hermawan Kartajaya yang punya kepercayaan diri membawa Punakawan masuk kedalam buku Entrepreneurial Marketing. 

"Tapi ini bukan sembarangan nekad. Saya selalu terinspirasi buku dan ‘kenakalan’ beliau yang selalu menerobos perbedaan agar tidak menjadi ‘gitu-gitu’ aja," papar Gubernur Jateng ini. 

Maka dari itu Ganjar melihat besarnya bonus demografi saat ini jangan dijadikan ketakutan untuk anak muda, yang kreatif dan inovatif itu lah yang nantinya bisa mengejar dan memiliki rasa seperti kepunyaan sendiri. 

Selain itu, acara IMF 2023 ini juga dihadiri oleh Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq yang merupakan cerminan Ganjar Pranowo sebagai sosok pemimpin yang kreatif dan inovatif, di mana bentuk ini merupakan model pemasaran terkini yang diinspirasi filosofi Punakawan asli Indonesia. 

Model yang mengangkat konsep CI-EL (Creativity, Innovation, Entrepreneurship, Leadership) dan PI-PM (Productivity, Improvement, Professionalism, Management) terdapat dalamu buku Entrepreneurial Marketing: Beyond Professionalism to Creativity, Leadership, and Sustainability karya Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, Hooi Den Huan, dan Jacky Mussry. (*)

Tombol Google News

Tags:

Joglosemar Ganjar Pranowo Hermawan Kartajaya IMF 2023 Gubernur Punakawan