Hari Lahir Pancasila di Mata Mega Orceka, 1st RU Putri Hijabfluencer Riau 2024

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Marno

1 Juni 2024 08:34 1 Jun 2024 08:34

Thumbnail Hari Lahir Pancasila di Mata Mega Orceka, 1st RU Putri Hijabfluencer Riau 2024 Watermark Ketik
Mega Orceka, 1st RU Putri Hijabfluencer Riau 2024 yang juga seorang dokter (Foto: dok. pribadi)

KETIK, PEKANBARU – dr. Mega Orceka Depera Senja Belantara, M.H. (24) akrab dengan panggilan Mega, gadis cantik asal Pekanbaru peraih selempang 1st RU Putri Hijabfluencer Riau 2024 bicara mengenai pentingnya makna hari lahir Pancasila.

Dalam pandangan pemilik akun media sosial Instagram @megaorcekadsb ia mengatakan bahwa Pancasila menjadi ideologi yang menyatukan seluruh elemen bangsa Indonesia.

"Hari kelahiran Pancasila ini menjadi momen untuk kita mengenang dan menghormati perjuangan para pendiri bangsa," kata Mega kepada media online nasional Ketik.co.id, Sabtu (01/06/2024).

Menurutnya, dengan adanya Pancasila, masyarakat dapat bersatu dengan segala perbedaan yang ada. Pancasila ini menjadi dasar untuk mempromosikan keragaman budaya, menghormati hak asasi manusia, menjunjung tinggi demokrasi dan menciptakan masyarakat yang lebih adil.  

"Melalui sila-silanya tersebut, Pancasila mampu mengatasi perbedaan yang ada di masyarakat dan menumbuhkan rasa nasionalisme," ujar Mega yang bekerja sebagai dokter umum dan menempuh pendidikan terakhir S2 Hukum.

Mega menyampaikan, Pancasila menekankan pentingnya nilai kebinekaan dalam segala aspek kehidupan bangsa. Dalam hari lahirnya Pancasila ini, diharapkan dapat terus membangkitkan rasa dan semangat persatuan dan kesatuan. 

"Serta memberikan semangat bagi masyarakat khususnya putra putri bangsa untuk selalu memberikan motivasi dengan terus berbagi hal positif dan menjadi inspirasi untuk berprestasi sebaik-baiknya," imbuh Mega yang memiliki hobi editing dan melukis.

Dirinya sangat berharap dengan peringatan lahirnya Pancasila tahun 2024 ini dapat membangun kebersamaan dan harapan untuk kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik di masa depan. 

"Dengan adanya keberagaman yang telah menjadi sumber kekuatan dan telah menjadi warna bagi kehidupan kita, diharapkan juga ini semua harus bisa membuat kita saling menghargai dan membangun pemahanan yang lebih dalam tentang perbedaan," pesannya.

Foto Mega Orceka, 1st RU Putri Hijabfluencer Riau 2024 (Foto: dok. pribadi)Mega Orceka, 1st RU Putri Hijabfluencer Riau 2024 (Foto: dok. pribadi)

Mega mengungkapkan di hari kelahiran Pancasila ini, mari bersama-sama merayakan keberagaman sebagai salah satu kekayaan Indonesia. Mari memperkuat persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman ini. 

"Ayo membangun rasa penerimaan, penghormatan dan memperkaya satu sama lain. Mari terus menjaga, menumbuhkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila demi kemajuan bangsa Indonesia," tandasnya menutup pernyataan dengan nada semangat.

Berikut deretan prestasi Mega, yaitu:
1. Siswa Akselerasi SD Negeri 006 Marpoyan Damai
2. ⁠Siswa Akselerasi SMP Negeri 1 Pekanbaru
3. ⁠Penerima Beasiswa Penuh Fakultas Kedokteran Universitas Riau 2016-2020
4. ⁠Harapan 2 Tari Tradisional Festival Budaya Fakultas Kedokteran Universitas Riau Tahun 2017
5. ⁠Anggota Terbaik Bidang PSDM BEM FK UNRI Tahun 2016-2017
6. ⁠Juara 3 Tari Tradisional Medical Festival WAP IV Tahun 2018
7. ⁠Juara I Hijab Dara Riau 2020
8. Pembicara webinar “Kesehatan Kulit Remaja” bersama EMINA tahun 2020⁠
9. ⁠Top 5 Dara dan Dara Intelegensi Bujang Dara Kota Pekanbaru
10. ⁠1st Runner Up Putri Hijabfluencer Riau 2024

Adapun untuk pengalaman kerja, yaitu:
1. Dokter Internship RS Islam Ibnu Sina Kota Pekanbaru Tahun 2023
2. ⁠Dokter Internship Puskesmas Sidomulyo Rawat Jalan Tahun 2024. (*)

Tombol Google News

Tags:

Hari Lahir Pancasila Cantik Mega Orceka 1st RU Putri Hijabfluencer Riau 2024