Hari Ini, Kemenkeu Ungkap 69 Pegawai Punya Harta Tak Wajar

Jurnalis: S. Widodo
Editor: M. Rifat

8 Maret 2023 03:19 8 Mar 2023 03:19

Thumbnail Hari Ini, Kemenkeu Ungkap 69 Pegawai Punya Harta Tak Wajar Watermark Ketik
Gedung Kemenkeu. (Foto: Portal Kemenkeu)

KETIK, JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bakal menggelar Konferensi Pers terkait perkembangan pemeriksaan Rafael Alun Trisambodo (RAT) dan Eko Darmanto di Kantor Kemenkeu, Rabu (8/3/2023) siang.

Konferensi pers itu juga bakal mengungkap kasus 69 pegawai Kemenkeu yang disebut memiliki harta kekayaan tak wajar, serta tidak terdaftar melalui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Dugaan itu diperkuat merujuk Laporan Harta Kekayaan (LHK) tahun 2019 yang dilaporkan pada 2020 dan LHK tahun 2020 atau pelaporan di 2021.

Juru Bicara Kemenkeu, Yustinus Prastowo mengatakan, penjelasan mengenai 69 pegawainya yang memiliki harta tak wajar, hingga penanganan kasus Rafael Alun dan Eko Darmanto bakal dilakukan hari ini.

"Besok siang kita konferensi pers," kata Yustinus kepada awak media, Selasa (7/3/2023) kemarin.

"Ya besok dibahas beberapa hal (termasuk soal pemanggilan 69 pegawai Kemenkeu)," lanjutnya.

Sebelumnya pada pekan lalu, Kemenkeu mengungkap hasil pemeriksaan harta Rafael Alun yang dinilai tak wajar, hingga menolak surat pengunduran diri yang disampaikan Rafael Alun Trisambodo.

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan lanjutan, Rafael mengakui mobil Rubicon, Land Cruiser, Harley Davidson, Yamaha, bahkan BMW putih tertulis bukan atas nama Rafael Alun Trisambodo, melainkan pihak lain.

"Rubicon diakui Rafael Alun milik kakaknya. Sementara yang lainnya ada yang diakui sebagai milik anak menantunya," kata Suahasil dalam Konferensi Pers di Jakarta, Rabu (1/3/2023).

Suahasil juga menolak surat pengunduran diri Rafael Alun. Penolakan itu telah sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 sebagaimana terakhir telah diubah dengan PP Nomor 17 Tahun 2020 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kemenkue Rafael pejabat punya. Harta tak wajar Kemenkeu Rafael Alun