Hadiri Rapimda GMNI Jatim, Khofifah Ajak Teladani Bung Karno

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

26 Juni 2023 09:33 26 Jun 2023 09:33

Thumbnail Hadiri Rapimda GMNI Jatim, Khofifah Ajak Teladani Bung Karno Watermark Ketik
Gubernur Khofifah saat menghadiri Rapimda GMNI Jatim, Minggu (25/6/2023). (Foto: Humas Pemprov Jatim)

KETIK, BLITAR – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menutup Rapat Pimpinan Daerah Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI Jawa Timur) di Auditorium Perpusnas Bung Karno, Blitar, Minggu (25/6/2023).

Momen tersebut cukup berkesan lantaran dilaksanakan bersamaan Bulan Bung Karno, yang diperingati setiap bulan Juni.

Pada kesempatan tersebut, Khofifah juga bersilaturahmi dengan elemen pimpinan mahasiswa yang tergabung dalam ‘Cipayung Plus’. Cipayung Plus merupakan gabungan tujuh organisasi kemahasiswaan yakni GMNI, HMI, PMII, IMM, PMKRI, GMKI, KAMMI dan SEMMI.

Dalam sambutannya, mantan Menteri Sosial RI tersebut berharap, momentum ini dapat menggelorakan semangat nasionalisme dan nafas kebangsaan yang dikumandangkan oleh Presiden pertama RI Bung Karno.

“Kalau kita berbicara tentang pikiran-pikiran besar Bung Karno, baiknya kita bersama-sama ke Makam Bung Karno mengingat posisi kita di Jawa Timur,” tegasnya.

Diketahui sebelumnya gubernur perempuan pertama Jawa Timur tersebut menyempatkan diri ziarah ke makam presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno di Blitar.

Di sana dirinya menaburkan bunga dan juga berdoa sembari mengenang jasa jasa sang Proklamator.

“Hari ini tidak mudah menemukan negarawan meski banyak sekali pemimpin yang berasal dari politisi. Namun, politisi belum tentu negarawan, maka jadilah negarawan," tegas Khofifah.

Gubernur Khofifah juga mengajak para generasi muda untuk membangun keberagaman dalam kebersatuan di Indonesia. Di mana keberagaman tersebut dibangun dengan penuh kedamaian, dan dengan bersama-sama bergandengan tangan.

“Bergandengan tangan adalah salah satu kunci, bagaimana negara ini setara dengan bangsa-bangsa lain di dunia dan bagaimana negara ini menjadi negara yang terus berkelanjutan pembangunannya,” pungkasnya.

Sesuai dengan program Indonesia Emas 2045 yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pekan lalu, dirinya berharap generasi muda dapat memberikan kado terbaik dengan memanfaatkan bonus demografi yang akan menjadi modal penting untuk membangun Indonesia menuju 100 tahun Indonesia merdeka pada 2045.(*)

Tombol Google News

Tags:

GMNI Jatim Bung Karno Negarawan Gubernur Khofifah Indonesia Emas 2045 Demografi