Hadi Tjahjanto dan AHY Resmi Dilantik Jokowi Jadi Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

21 Februari 2024 07:40 21 Feb 2024 07:40

Thumbnail Hadi Tjahjanto dan AHY Resmi Dilantik Jokowi Jadi Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN Watermark Ketik
Prosesi pelantikan Hadi Tjahjanto dan AHY di Istana negara (21/2/2024). (Foto: Sekretariat Presiden)

KETIK, JAKARTA – Hari ini (21/2/2024) Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggantikan posisi Hadi Tjahjanto.

Hadi Tjahjanto sendiri juga dilantik sebagai Menko Polhukam menggantikan Mahfud MD yang mengundurkan diri karena mencalonkan diri sebagai cawapres.

Prosesi pelantikan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo di istana negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). Pelantikan tersebut berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 34/P Tahun 2024.

Sebelum melantik, Presiden Joko Widodo bertanya terlebih dahulu kepada kepada AHY apakah bersedia untuk diambil sumpahnya.

"Sebelum saya mengambil sumpah berkenaan dengan pengangkatan Saudara sebagai Menteri ATR/BPN. Saya akan bertanya kepada saudara, Bersediakah saudara untuk diambil sumpah?" Tanya pria yang akrab disapa Jokowi tersebut.

"Bersedia," jawab AHY.

Setelah itu Jokowi pun langsung membacakan teks pelantikan yang diikuti langsung oleh AHY. Dengan didampingi oleh pemuka agama islam, prosesi pelantikan berlangsung dengan lancar dan kidmat.

"Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya, akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata AHY saat mengikuti sumpah yang dibacakan oleh Jokowi.(*)

Tombol Google News

Tags:

Menteri ATR/BPN menko polhukam AHY Hadi Tjahjanto Jokowi kabinet