H. Artono: APBD Harus Cukupi Layanan Dasar Warga Lumajang

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: M. Rifat

30 Mei 2024 01:46 30 Mei 2024 01:46

Thumbnail H. Artono: APBD Harus Cukupi Layanan Dasar Warga Lumajang Watermark Ketik
DR. Ir. H. Artono, MM, politisi PKS Lumajang yang juga anggota DPRDJatim (Foto: Abdul Fatah/Ketik.co.id)

KETIK, LUMAJANG – Salah satu politisi Lumajang yang digadang-gadang akan memimpin Lumajang ke depan adalah politisi PKS, DR. Ir. H. Artono, MM. Dia mengatakan perencanaan pembangunan Kabupaten Lumajang harus mencukupi layanan dasar warga Lumajang.

Layanan dasar itu, kata H. Artono, meliputi pendidikan gratis, layanan kesehatan dan bantuan sosial bagi yang layak menerima.

"Saya kok kurang sependapat kalau yang kita bahas hanya IPM (Indeks Pembangunan Manusia) saja, yang penting pendidikan dan kesehatan gratis untuk masyarakat, ya sudah, maka dengan sendirinya IPM akan naik. Alat ukur IPM itu penting, tapi yang jauh lebih penting adalah layanan itu harus benar-benar mencakup semua warga," kata H. Artono.

Masih kata politisi Indrapura ini, yang diharapkan masyarakat bukan indikator keberhasilan, karena semua itu masih bisa dimanipulasi.

"Kita jangan hanya berpatokan pada pendekatan kuantitatif yang berisi angka-angka, namun harus mengedepan indikator kualitatif dengan pendekatan mutu pelayanan. Ini penting, karena pembangunan itu bukan lomba yang harus juara, tapi harus nyata melayani masyarakat. Ini fokusnya," ujar H. Artono.

Dia menambahkan, di sinilah pentingnya melibatkan DPRD dalam pembahasan anggaran, agar bisa mencakup semua kebutuhan warga Lumajang.

"DPRD itu harus diajak berfikir bersama, diskusi bersama, memutuskan bersama-sama dan menampung seluas-luasnya usulan DPRD Lumajang karena mereka tahu apa yang diinginkan masyarakat. Harus ada ruang yang luas untuk DPRD memutuskan APBD kita," urai H. Artono. (*)

Tombol Google News

Tags:

DR. Ir. H. Artono MM Politisi PKS Kandidat Bupati Lumajang berita lumajang hari ini