H-1 Penutupan, 3 Parpol di Pacitan Serahkan Dokumen ke KPU

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: M. Rifat

13 Mei 2023 15:21 13 Mei 2023 15:21

Thumbnail H-1 Penutupan, 3 Parpol di Pacitan Serahkan Dokumen ke KPU Watermark Ketik
Moment Ketua DPC PKB Pacitan menyerahkan dokumen pendaftaran Bacaleg kepada Ketua KPU Pacitan (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN Menjelang hari terakhir pendaftaran calon legislatif, 3 partai politik datangi Kantor KPU Pacitan, Jawa Timur untuk menyerahkan dokumen persyaratan pendaftaran.

Tiga parpol tersebut adalah Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra (Gerakan Indonesia Raya).

Ketua KPU Pacitan, Sulis Setyorini mengatakan, penutupan pendaftaran bacaleg seperti dijadwalkan, Minggu (14/5/2023) pukul 23.59 WIB.

"Sampai detik ini sudah ada sembilan parpol yang menyerahkan berkas pendaftaran bacaleg ke KPU, besok terakhir," terangnya.

Setelah menerima dan memeriksa berkas-berkas tersebut, KPU akan memberitahukan status kelengkapan berkas pendaftaran bakal calon anggota legislatif.

Foto Moment Ketua DPC PKB Pacitan menyerahkan dokumen pendaftaran Bacaleg kepada Ketua KPU Pacitan (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Ketua DPC PKB Pacitan menyerahkan dokumen pendaftaran Bacaleg kepada Ketua KPU Pacitan (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

Apabila berkas yang telah diserahkan tersebut dinyatakan tidak lengkap, maka KPU memberikan kesempatan pada parpol untuk melakukan perbaikan sebelum batas waktu akhir pendaftaran.

Bendahara DPC PBB Pacitan, Adi Pranata mengungkapkan, pemilihan waktu mendaftar tanggal 13 pukul 13.00 WIB sesuai dengan nomor urut dari PBB dan Instruksi Ketua Umum PBB, Yusril Ihza Mahendra.

Angka tersebut merupakan angka keberuntungan. Selain itu, penyerahan dokumen persyaratan bacaleg PBB juga dilaksanakan serentak seluruh Indonesia.

"13 bagi kami merupakan angka keberuntungan. Semoga ini bisa membawa berkah," ungkapnya, Sabtu (13/05/2023).

Selanjutnya, di Kantor KPU, Ketua DPC PKB Pacitan Fibi Irawan menyampaikan, ada empat puluh lima bacalegnya dan telah memenuhi setiap dapil (daerah pilihan) di Pacitan, dengan keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen.

Lebih lanjut, dirinya optimis menargetkan sembilan kursi pada Pemilu 2024. Hal itu didasari dari filosofi bintang sembilan, yakni simbol Nahdlatul Ulama (NU). "Semua persyaratan lengkap dan semoga KPU bisa menerima," kata Fibi Irawan.

Disamping itu, kedatangan Partai Gerindra masih sebatas pendaftaran, karena masih diperlukan kelengkapan dokumen dari bakal calon. Hal itu adalah surat persetujuan dari DPP (Dewan Perwakilan Pusat), yang untuk sementara akan dilengkapi, sebelum hari terakhir pendaftaran.

Foto Parpol PBB saat konferensi pers usai menyerahkan dokumen ke KPU Pacitan (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Parpol PBB saat konferensi pers usai menyerahkan dokumen ke KPU Pacitan (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

"Hari ini liasion officer (LO) kami sudah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan DPP yang Insya Allah hari ini atau besok sudah bisa dilengkapi," ujar Ketua Dewan Pimpinan Kabupaten Partai Gerindra Pacitan Nur Sucipto.

Sebagai informasi, KPU Pacitan melayani pendaftaran bacaleg Pemilu 2024 dengan jam operasional pukul 08.00-16.00 WIB untuk tanggal 1-13 Mei 2023. Sedangkan pukul 08.00-23.59 di hari terakhir pendaftaran pada tanggal 14 Mei 2023.

Sebelumnya, lima parpol yang sudah mendaftar antara lain Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Nasional Demokrasi (NasDem) dan Partai Demokrat (PD).(*)

Tombol Google News

Tags:

politik Pendaftaran bacaleg KPU Pacitan pacitan parpol pemilu2024 Pileg2024