Gusur Posisi PDI Perjuangan, PKB Dominasi Perolehan Suara Pileg DPRD Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

29 Februari 2024 09:15 29 Feb 2024 09:15

Thumbnail Gusur Posisi PDI Perjuangan, PKB Dominasi Perolehan Suara Pileg DPRD Kota Batu Watermark Ketik
Proses rekapitulasi Pemilu 2024 tingkat Kota Batu. (Foto : Soleh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – PKB berhasil menggusur dominasi perolehan suara PDI Perjuangan dalam pemilihan legislatif di Kota Batu dalam Pemilu 2024. Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU Kota Batu, PKB berhasil meraup 27.170 suara. Disusul PDI Perjuangan sebanyak 24.900 suara dan PKS sebanyak 18.689 suara. 

Sementara itu, berdasarkan data hasil rekapitulasi tingkat Kota Batu yang dihimpun dari KPU Kota Batu. Pada pemilu 2024 total pemilih di Kota Batu sebanyak 117.450 pemilih dari total 164.516 pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). 

"Rekapitulasi tingkat KPU untuk memastikan akurasi data dari PPS hingga PPK. Serta melakukan koreksi bersama jika jika terjadi kesalahan," kata Ketua KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto.

Rekapitulasi dilakukan secara berjenjang. Menurut Heru jika ada kesalahan di tingkat PPS kemudian, dibetulkan di kelurahan kemudian direkapitulasi di kecamatan. Jika masih ada perselisihan data antara PPK dan Panwascam di tingkat kecamatan, maka hal itu akan dibetulkan direkapitulasi di tingkat KPU. 

"Selisih data itu bisa berupa data pemilih yang tadinya pemilih perempuan tapi diinput ke pemilih laki laki. Kemudian, ada juga misalnya,pemilih Dbk tetapi masih tercatat Dptb," jelasnya.

Setelah rekapitulasi di tingkat kota selesai, Heru mengatakan, pihaknya akan melakukan penetapan suara DPRD Kota Batu. "Lalu DPRD dan DPD Provinsi di KPU Jatim dan Presiden Wakil Presiden serta DPR RI di KPU RI," tegasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu pkb pemilu 2024