Gugah Maritime Domain Awareness, DKP Jatim Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

19 Agustus 2024 09:20 19 Agt 2024 09:20

Thumbnail Gugah Maritime Domain Awareness, DKP Jatim Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut Watermark Ketik
Pengibaran Bendera Merah Putih yang dilakukan oleh DKP Jatim. (Foto: Tangkapan Layar Youtube DKP Jatim)

KETIK, SITUBONDO – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi (DKP) Jatim memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Indonesia dengan mengibarkan bendera Merah Putih di bawah laut Pasir Putih Situbondo pada Sabtu 17 Agustus 2024.

Pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut adalah kegiatan yang sangat simbolis dan unik, sering dilakukan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus.

Pada upacara ini, bendera Merah Putih dikibarkan di dasar laut, dan para peserta pengibaran berjumlah 7 orang yang semuanya mengenakan peralatan menyelam. Mereka juga melakukan penghormatan bendera.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur Dr. Muhammad Isa Anshori, ATD., MT menjelaskan, pengibaran bendera di bawah laut untuk menggugah kembali maritime domain awareness.

“Tujuan kegiatan ini selain untuk memperingati HUT Kemerdekaan ke-79 RI juga menggugah kembali maritime domain awarenes,” ujarnya

Selain untuk merayakan kemerdekaan, kegiatan ini juga sering bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan laut.

Pengibaran bendera Merah Putih ini menjadi daya tarik tersendiri dan memperlihatkan keindahan serta kekayaan alam bawah laut Indonesia kepada dunia.

Pengibaran bendera di bawah laut tidak hanya menunjukkan kecintaan pada tanah air tetapi juga menjadi ajang untuk mengkampanyekan pelestarian lingkungan laut dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga ekosistem bawah laut yang kaya dan beragam di Indonesia. (*)

Tombol Google News

Tags:

DKP Jatim Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim pengibaran bendera di laut hut ke-79 bendera merah putih Pasir Putih Situbondo