Gubernur Khofifah Sambangi Warga Jawa Timur di Sorong

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Rudi

26 Januari 2023 07:52 26 Jan 2023 07:52

Thumbnail Gubernur Khofifah Sambangi Warga Jawa Timur di Sorong Watermark Ketik
Gubernur Khofifah berfoto bersama anak anak Jatim di Sorong ( Humas Pemprov Jatim )

KETIK, SURABAYA – Guna menjalin tali silaturahmi kepada masyarakat Jawa Timur yang berada diberbagai wilayah di Indonesia, Gubernur Khofifah terus menjalin komunikasi dengan berbagai pihak salah satunya Perkumpulan  Masyarakat Jawa Timur (PermaJatim) Sorong, Papua Barat Daya (PBD). Melalui forum silaturahmi Gubernur Jatim dengan masyarakat kelahiran Jatim di Provinsi PBD, tali persaudaraan terbangun begitu kuat. Hubungan persaudaraan ini sekaligus menjadi penguat relasi perdagangan antar wilayah.

"Pertemuannya adalah nyambung seduluran dan nyambung perdagangan. Ini bagian penting dari proses persambungan silaturahim diantara kita semua," Kata Gubernur Khofifah saat menghadiri forum silaturahmi dengan masyarakat asal  Jawa Timur di Provinsi Papua Barat Daya (PBD) di Hotel Rylich Panorama, Kota Sorong, Rabu (25/1) malam.

Foto Gubernur Khofifah berfoto bersama anak anak Jatim di Sorong ( Humas Pemprov Jatim )Gubernur Khofifah berfoto bersama anak anak Jatim di Sorong ( Humas Pemprov Jatim )

 

Orang nomor satu di Jatim ini menyampaikan masyarakat kelahiran Jawa Timur yang tinggal di Provinsi PBD mampu membawa misi budaya Jawa Timur yang mencerminkan Bhinneka Tunggal Ika. Sehingga, lanjutnya, dimana pun masyarakat Jatim tinggal maka harus mampu menjalin hubungan baik dengan siapapun.

"Budaya Jawa Timur itu budaya Bhinneka Tunggal Ika. Budaya Jawa Timur itu budaya Nusantara yang harus terus disemai kebaikan-kebaikan dalam persaudaraan dimana mereka berada," katanya.

Gubernur Khofifah mengatakan bahwa forum silaturahmi ini memiliki tujuan menjaga hubungan baik antara Gubernur Jatim dengan paguyuban masyarakat Jatim yang tinggal di Sorong dan sekitarnya di  Prov. PBD. Tak hanya itu, silaturahmi ini juga diharapkan akan meningkatkan sinergitas antara Pemprov. Jatim dengan Pemprov PBD dalam menjaga budaya masing-masing.

Untuk diketahui, forum silaturahmi Gubernur Jatim dengan masyarakat kelahiran Jawa Timur di Prov. PBD adalah bagian dari rangkaian agenda misi dagang Prov. Jatim dan Prov. Papua Barat Daya. Dimana agenda misi dagang ini akan mempertemukan para pelaku bisnis dari kedua provinsi, Kadin kedua provinsi dan sebagainya

"Mereka sudah terkoneksi antara Kadin dengan Kadin, antara pelaku usaha dengan pelaku usaha kemudian antara IWAPI dengan IWAPI dan sektor lainnya seperti BUMD dengan BUMD," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Perkumpulan  Masyarakat Jawa Timur (PermaJatim) Sorong, Papua Barat Daya Mujiono melaporkan masyarakat Jawa Timur yang aktif dalam paguyuban masyarakat Jatim di Kota Sorong jumlahnya mencapai 4.017 orang. Sementara yang tidak aktif dalam paguyuban juga lebih dari 4.000 orang.

Ia menyampaikan kegembiraannya akhirnya bisa bertemu dengan Gubernur Khofifah di Sorong.

"Alhamdulillah, atas izin Allah tidak disangka sangka Ibu bisa datang di sini di Kota Sorong ketemu warga Jawa Timur, Selamat datang Ibu, mudah-mudahan ibu senang ada di Sorong," Kata Mujiono.(*)

Tombol Google News

Tags:

Khofifah Jawa timur Papua Barat Daya Sorong Silaturahmi masyarakat