Gubernur Khofifah Raih Penghargaan di Ajang Radar Kediri Award 2023

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

16 Maret 2023 11:00 16 Mar 2023 11:00

Thumbnail Gubernur Khofifah Raih Penghargaan di Ajang Radar Kediri Award 2023 Watermark Ketik
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima penghargaan The Stimulus And Drive To The Reinforcement Of The National Economy Through Rural Economies.(Foto :Humas Pemprov Jatim)

KETIK, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima penghargaan dalam ajang Radar Kediri Award 2023 yang digelar Radar Kediri Jawa Pos Media, pada Rabu (15/3/2023).Atas keberhasilannya membangun ekonomi desa selama memimpin Jawa Timur.

Dalam ajang ini Gubernur Khofifah dinobatkan sebagai The Stimulus And Drive To The Reinforcement Of The National Economy Through Rural Economies, atau tokoh pendorong penguatan ekonomi nasional melalui ekonomi pedesaan.

Penghargaan ini diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Sherlita Ratna Dewi Agustin yang hadir mewakili Gubernur Jawa Timur.

Atas penghargaan tersebut Gubernur Khofifah menyampaikan terima kasih dan apresiasinya. Menurutnya penghargaan ini ditujukan untuk seluruh elemen strategis di Jatim yang selama ini bekerja bersama-sama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di pedesaan.

“Terima kasih, penghargaan ini akan semakin menjadi pendorong kita bersama untuk semakin semangat menguatkan ekonomi pedesaan. Dan alhamdulillah sampai saat ini Jatim masih menjadi provinsi dengan jumlah desa mandiri terbanyak se Indonesia,” tegas Gubernur Khofifah, Kamis (16/3/2023).

Mantan Menteri Sosial ini menyebutkan bahwa jumlah desa mandiri di Jatim pada 2022 menunjukkan kenaikan yang signifikan dibanding tahun 2021 yang saat itu hanya ada 697 desa. Artinya, dari total 6.238 desa mandiri di Indonesia, sebanyak 23,88 persen atau 1.490 desa masuk kategori desa mandiri di Jawa Timur. 

Selanjutnya menurut sumber SK Menteri PDTT RI No. 80 Tahun 2022 tentang Status Kemajuan dan Kemandirian Desa Tahun 2022, setelah Jawa Timur ada Jawa Barat dengan total 1.130 desa mandiri atau 11,81 persen.

Kemudian secara berturut-turut, Kalimantan Barat dengan total 586 desa mandiri atau 9,39 persen, Jawa Tengah total desa mandiri 406 atau 6,50 persen, dan Bali dengan total desa mandiri 386 atau 6,18%

“Sekali lagi capaian ini merupakan hasil komitmen dan kerja keras kita semua, para kades, camat serta para bupati dan mitra strategis sera Kemendes PDTT dalam mendorong percepatan pembangunan desa sehingga Jatim dinobatkan sebagai provinsi dengan jumlah desa mandiri terbanyak di Indonesia pada tahun 2022,” pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Radar Kediri Award Pembangunan desa Gubernur Jawa Timur Khofifah Ekonomi