Gibran Rencanakan Uji Coba Program Makan Siang Bergizi ke Indonesia Timur

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

11 Agustus 2024 03:57 11 Agt 2024 03:57

Thumbnail Gibran Rencanakan Uji Coba Program Makan Siang Bergizi ke Indonesia Timur Watermark Ketik
Wakik Presiden terpilih, Gibran saat meninjau pemberian makan siang bergizi di Surabaya. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, TANGERANG – Setelah sebelumnya sukses menggelar uji coba pemberian makan siang bergizi di beberapa sekolah di Pulau Jawa, Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih Gibran Rakabuming Raka berencana untuk menggelar kegiatan serupa di wilayah Indonesia Timur.

Berdasarkan hasil uji coba di beberapa kota sebelumnya, seperti Solo, Tangerang dan Surabaya, banyak masukan dan evaluasi yang dilakukan khususnya terkait kandungan gizi.

Oleh sebab itu, dirinya selalu melibatkan ahli gizi agar kandungan makanan yang diberikan seimbang dan bisa menunjang tumbuh kembang anak.

"Ini sedang kita persiapkan kemarin baru Surabaya, Solo, Tangerang ini kita sedang persiapan di luar Jawa. Kita masih perhitungkan logistik dan lain-lain," jelas Gibran, Tangerang, Sabtu (10/8/2024).

Selain faktor kandungan gizi, pengemasan turut diperhatikan agar tidak terjadi penumpukan sampah. Permasalahan sampah packaging ini cukup menjadi perhatian, ia ingin agar kemasan makanan bisa digunakan kembali sehingga tidak ada sampah yang menumpuk.

"Lalu packaging-nya bisa dicuci, bawa sendok sendiri dari rumah, jadi enggak ada plastik yang terbuang,” tambahnya.

Putra Sulung Presiden Joko Widodo tersebut menambahkan, untuk anggaran makan siang bergizi tiap daerah memiliki perbedaan, hal ini lantaran harga bahan pokok yang juga berbeda di tiap daerah.

Untuk uji coba ini, dana yang digunakan berasal dari CSR dan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda).

"Ini uji coba saya belum dilantik. Jadi untuk dananya sendiri menggunakan CSR dan dana BOS," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Gibran Rakabuming Raka Makan siang bergizi Indonesia Timur Uji coba makan siang bergizi CSR BOS