Gen Z Harus Tahu, Ini Segudang Manfaat Buah Gayam untuk Tubuh

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

11 Maret 2024 00:15 11 Mar 2024 00:15

Thumbnail Gen Z Harus Tahu, Ini Segudang Manfaat Buah Gayam untuk Tubuh Watermark Ketik
Potret buah gayam yang mulai langka. (Foto: Pemprov Jateng)

KETIK, SURABAYA – Anak-anak zaman sekarang atau Gen Z biasanya dianggap tak mengenal makanan zaman dahulu, salah satunya adalah gayam.

Buah gayam, juga dikenal sebagai buah ketapang, adalah buah yang berasal dari pohon gayam (Inocarpus fagifer).

Buahnya berbentuk bulat, berwarna hijau saat muda dan berubah menjadi cokelat kehitaman saat matang.

Daging buahnya manis dan sedikit berair, dan bijinya besar dengan kulit yang keras. Buah gayam biasanya dimakan segar atau diolah menjadi berbagai jenis makanan misalnya yang paling familiar adalah keripik gayam dan dibuat sebagai minuman, seperti sambal, asinan, atau sirup.

Buah gayam sulit ditemui di masa sekarang karena tumbuhan gayam (Inocarpus fagifer) adalah sejenis pohon yang biasanya tumbuh di daerah tropis seperti di Asia Tenggara dan Kepulauan Pasifik.

Buahnya memiliki biji yang mengandung minyak yang dapat dimanfaatkan. Selain itu, kayu gayam juga digunakan dalam berbagai keperluan konstruksi dan kerajinan.

Berikut manfaat buah gayam dikutip dari beberapa sumber. Buah gayam memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk:

• Kaya akan nutrisi: Buah gayam mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, serat, dan mineral seperti kalium dan magnesium.

• Meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Kandungan vitamin C dalam buah gayam dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

• Membantu pencernaan: Serat dalam buah gayam dapat membantu meningkatkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

• Menjaga kesehatan kulit: Kandungan vitamin A dalam buah gayam dapat membantu menjaga kesehatan kulit, mengurangi kerutan, dan merangsang produksi kolagen.

• Menyehatkan jantung: Kandungan kalium dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan.

• Mengatur kadar gula darah: Serat dalam buah gayam dapat membantu mengatur kadar gula darah, sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes atau mereka yang berisiko mengalami diabetes.

Meskipun buah gayam memiliki banyak manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dan beragam. (*)

Tombol Google News

Tags:

Buah gayam gayam manfaat gayam untuk tubuh Gen Z kesehatan tubuh Tips sehat