Gelar KKM 2024, BI Kediri Usung Wastra Ramah Lingkungan

Jurnalis: Isa Anshori
Editor: Gumilang

26 Juni 2024 14:50 26 Jun 2024 14:50

Thumbnail Gelar KKM 2024, BI Kediri Usung Wastra Ramah Lingkungan Watermark Ketik
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Moch. Choirur Rofiq saat ditemui awak media, Rabu (26/6/2024). (foto : Isa/Ketik.co.id).

KETIK, KEDIRI – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Kediri bakal menggelar acara Karya Kreatif Mataraman (KKM) 2024 selama tiga hari (28-30/6/2024). Bekerjasama dengan Pemkot Kediri, pada tahun ini akan mengusung tema Wastra Ramah Lingkungan.

"Even KKM tahun ini lebih kepada Wastra Ramah Lingkungan karena isu Green Exonomy yang banyak digalakkan di dunia, kalau tahun lalu kami mencoba mengenalkan Wastra Industri Kreatif, seperti baju batik," jelas Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Moch. Choirur Rofiq, Rabu (26/6/2024).

Rofiq menuturkan, agenda KKM 2024 ini juga digelar dengan tema 'Inovasi dan Digitalisasi untuk Masa Depan Berkelanjutan' menjadi bagian dari rangkaian event nasional Karya Kreatif Indonesia (KKI) dan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) serta Rangkaian Hari Jadi Kota Kediri ke-1145.

Adapun kegiatan dilaksanakan pada tanggal 28 – 30 Juni 2024 dan berlokasi di dua tempat yaitu Balai Kota Kediri dan Kediri Town Square dengan melibatkan berbagai stakeholders yaitu Pemerintah Daerah di 13 Kota/Kabupaten Jawa Timur. 

Sementara untuk tujuan dari diselenggarakannya Karya Kreatif Mataraman 2024 adalah sebagai upaya pengembangan produk UMKM unggulan wilayah eks-Karesidenan Kediri Madiun (wilayah Mataraman) serta akselerasi digitalisasi untuk pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

"Terdapat berbagai pameran produk unggulan yang diikuti oleh 88 UMKM yang meliputi wastra unggulan, beragam produk industri kreatif dan produk potensi ekspor, kuliner tradisional serta berbagai hiburan menarik lainnya," paparnya. 

Selain menampilkan produk UMKM, KKM 2024 juga menampilkan gelaran Fashion Show yang melibatkan 24 desainer lokal unggulan di wilayah kerja Kantor Perwakilan BI Kediri.

Pada acara itu akan mengusung konsep sustainable fashion dengan tujuan memperkenalkan wastra mataraman yang menggunakan pewarna alam dan diaplikasikan menjadi busana ready to wear dengan sentuhan modern.

Rofiq menambahkan, dari sisi akselerasi digitalisasi, KKM 2024 juga menghadirkan berbagai kegiatan Talkshow digitalisasi yang akan diselenggarakan di Kediri Town Square dengan berbagai tema diantara perkembangan sistem pembayaran dan kreatif berinvestasi.

Terdapat juga wahana edukasi dan kegiatan lomba yang akan di tampilkan di Atrium Kediri Town Square dan Balai Kota Kediri yang diselengarakan berkolaborasi dengan sejumlah instansi.

Diantaranya Dinas Pendidikan Kota Kediri, Kementerian Agama Kota Kediri maupun komunitas-komunitas terkait seperti E-Sport Indonesia Kota Kediri, Komunitas Kopi, Komunitas Standup Indonesia Kediri, dan Forum Kampung Bahasa – Kampung Inggris. Selain itu, sebagai upaya akselerasi kegiatan pengendalian inflasi. 

"Kami dari Kantor Perwakilan BI Kediri mengajak seluruh masyarakat untuk bisa hadir meramaikan kegiatan KKM 2024 dan harapannya dapat memberikan manfaat kepada perekonomian khususnya pengembangan UMKM unggulan serta akselerasi digitalisasi di wilayah mataraman," tutupnya.  (*)

Tombol Google News

Tags:

BI Kediri KKM 2024 kediri bank Indonesia Kediri