Gas Pol! Mario Aji Tarung di Kejuaraan Suzuka 8 Hours Akhir Pekan Ini

Jurnalis: Samsul HM
Editor: M. Rifat

18 Juli 2024 05:48 18 Jul 2024 05:48

Thumbnail Gas Pol! Mario Aji Tarung di Kejuaraan Suzuka 8 Hours Akhir Pekan Ini Watermark Ketik
Pembalap Moto2 asal Indonesia Mario Suryo Aji. (Foto: Honda Team Asia)

KETIK, SURABAYA – Pembalap GP Moto2 Indonesia Mario Suryo Aji siap tarung dalam kejuaraan Suzuka 8 Hours 2024 akhir pekan ini, Minggu 21 Juli 2024 di sirkuit Suzuka, Jepang.

Mario Aji akan bertandem dengan dua pembalap Jepang, Yuki Kunii dan Naomichi Uramoto dengan bendera SDG Team HARC-PRO Honda.

Tim ini mendapat dukungan langsung dari Honda Racing Corporation (HRC) yang tidak lain induk dari pabrikan Jepang tersebut. Tim ini dikenal rutin mengikuti ajang Suzuka 8 Hours setiap musim dan sering bersaing di barisan terdepan.

Saat ini Mario Aji sudah berada di negeri Sakura. Penampilan pembalap asal Magetan Jawa Timur itu sekaligus mengisi jeda balapan Moto2 yang baru digelar lagi 4 Agustus mendatang di sirkuit Silverstone pada GP Inggris.

“Saya sangat senang bisa ikut serta dalam balapan ketahanan Suzuka 8 Hours bersama SDG Team HARC-PRO. Terima kasih atas kesempatan ini. Balapan ini akan menjadi tantangan pertama bagi saya, tetapi saya akan belajar banyak dari rekan satu tim saya dan memberikan yang terbaik bersama tim,” ucap Mario Aji dalam rilis resmi Honda Team Asia.

Tentang Suzuka 8 Hours

Ajang Suzuka 8 Hours merupakan salah satu balapan ketahanan paling bergengsi di dunia dan masuk dalam kalender FIM World Endurance Championship. Tahun ini ajang tersebut diikuti 46 tim pabrikan maupun privateer.

Tujuh pabrikan raksasa yang ambil bagian yakni Honda, Yamaha, Suzuki, Ducati, Kawasaki, Aprilia dan BMW. 

Jumlah penonton balapan sangat tinggi dari berbagai dunia. Para rider mulai menjalani kualifikasi pada Jumat (19/7/2024). Di balapan ini posisi start sebenarnya tidak punya pengaruh besar pada hasil balapan.

Para rider beradu kekuatan untuk meraih pole position lebih untuk rasa bangga. Balapan akan berlangsung Minggu (21/7/2024). Dimulai pada pukul 10.40 waktu setempat atau 08.40 WIB. Balapan berlangsung selama delapan jam non stop hingga finis pukul 19.30 waktu setempat atau 17.30 wib.

Foto Suasana usai balapan Suzuka 8 Hours edisi 2023. (Foto: circuitsuzuka.com)Suasana usai balapan Suzuka 8 Hours edisi 2023. (Foto: circuitsuzuka.com)

Dengan matahari biasanya terbenam pada pukul 18.30 waktu setempat (16.30 wib) di Jepang, satu jam balapan terakhir akan berlangsung pada malam hari. Momen sekitar satu jam terakhir ini jadi bagian paling menarik.

Balapan pada malam hari dengan kecepatan 300 kilometer/jam jelas jadi tantangan tersendiri. Jarak pandang para rider mulai terbatas. Waktu putaran otomatis lebih lambat.

Dalam Suzuka 8 Hours, setiap tim rata-rata mengambil kesempatan pit stop maksimal sebanyak delapan kali. Di pit stop itu tim akan mengisi bahan bakar, mengganti ban dan bisa juga mengganti pembalap.

Pilihan menggunakan delapan pit stop membuat rata-rata para pembalap punya jatah melahap 23-25 putaran. Tapi, ada pula tim yang memilih tujuh pit stop. Jika itu yang dilakukan artinya pembalap menghabiskan 27-28 putaran sampai race berakhir. (*)

Tombol Google News

Tags:

Mario Aji suzuka 8 hours Moto2 Moto3 MotoGP Honda Team Asia HRC