Galang Petualang, Kegiatan yang Banyak Diminati Peserta Jambore Daerah 2023

Jurnalis: Sutejo Rc
Editor: Mustopa

5 Oktober 2023 07:25 5 Okt 2023 07:25

Thumbnail Galang Petualang, Kegiatan yang Banyak Diminati Peserta Jambore Daerah 2023 Watermark Ketik
Peserta dibekali Destilasi yaitu penyulingan air asin menjadi tawar dan layak minum (foto: Sutejo Rc/ketik.co.id)

KETIK, TUBAN – Salah satu kegiatan yang disukai anggota Pramuja adalah petualangan, tak heran Galang Petualang banyak diminati peserta Jambore Daerah Jawa Timur 2023. 

Tidak kurang dari 93 peserta,  46 putra dan 47 putri,  mengikuti galang petualang sejak Rabu (4/10/2023) hingga hari ini, dengan mengambil tempat di lingkungan area perkebunan, Hutan Cemara dan pantai, dengan sub camp di Buper Sowan Beath, Tuban.

Menurut Endro Tri Wahyudiono, bidang Giat Galang Petualang, selama kegiatan penjelajahan banyak materi yang didapat dan langsung diterapkan di lapangan,  diantaranya, sandi, peta perjalanan, menaksir, pengompasan, sket panorama dan bivak.

Foto Sebelum melakukan penjelajahan,  semua peserta yang sudah dibentuk haru melakukan pendalaman peta, sehingga tidak tersesat. (foto: Sutejo Rc/ketik.co.id)Sebelum melakukan penjelajahan, semua peserta yang sudah dibentuk haru melakukan pendalaman peta, sehingga tidak tersesat. (foto: Sutejo Rc/ketik.co.id)

Selain itu, peserta mengenal, memahami dan bisa mempraktikkan teknik-teknik kepramukaan secara kongkret.

"Meskipun minimnya lapangan yang diperlukan tidak menjadi kendala bagi Pramuka, sehingga kondisi yang ada bisa dimaksimalkan," ujar Endro kepada media online nasional Ketik.co.id, Kamis (5/10/2023).

Diharapkan kegiatan menyenangkan ini bisa dikembangkan di gugus depan dan diperdalam lagi teknik-tejnik kepramukaannya di pangkalan masing-masing. 

Karena di lapangan banyak menemukan hal-hal di luar dugaan, yang mana  kendala dan masalah akan selalu timbul,  dan harus selalu diantisipasi, agar cepat menemukan solusinya. 

"Hanya saja kadang lupa tidak mempelajari dan mempraktekkan. Banyak dijumpai di hari pertama sebagian peserta belum bisa atau tidak memahami perintah di lapangan," ungkap Endro yang sehari hari mengajar di MAN 1 Lamongan.

Foto Salah satu kakak pendamping memberikan penjelasan tentang route yang akan dilalui.  (foto: Sutejo Rc/ketik.co.id)Salah satu kakak pendamping memberikan penjelasan tentang route yang akan dilalui. (foto: Sutejo Rc/ketik.co.id)

Sementara Safwa peserta putri dari kontingen Kabupaten Malang, mengakui kegiatan Galang Petualang sangat menyenangkan. Suasana lokasi juga sejuk tidak seperti di bumi perkemahan yang panas. 

Hal senada juga disampaikan Mahendra peserta putra dari kontingen Kabupaten Kediri, kegiatannya cukup menantang dan dapat ilmu baru.(*)

Tombol Google News

Tags:

Jambore Daerah Jatim. Kwarda Jatim Galang Perualang Pantai Sowan Tuban Penjelajahan Penggalang Pramuka Penggalang