Gagal Raih Adipura, Dewan Minta Pemkot Batu Evaluasi Penanganan Sampah

Jurnalis: Sholeh
Editor: Naufal Ardiansyah

21 Maret 2024 08:10 21 Mar 2024 08:10

Thumbnail Gagal Raih Adipura, Dewan Minta Pemkot Batu Evaluasi Penanganan Sampah Watermark Ketik
Sampah yang menumpuk di Pasar pagi stadion Brantas Kota Batu. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Wakil Ketua l DPRD Kota Batu, Nurochman, meminta Pemkot Batu untuk melakukan evaluasi dan koreksi atas kegagalan meraih piala Adipura Tahun 2023.

Salah satunya mengevaluasi pengelolaan sampah yang ditenggarai sebagai penyebab kegagalan meraih prestasi itu.

Menurutnya, penutupan TPA Tlekung yang tidak segera diikuti terwujudnya TPS3R di desa atau kelurahan menjadikan Pemkot tidak mampu mempertahankan kebersihan Kota Batu.

"Tata kelola sampah yang perlu mendapat prioritas penanganan. Indikator kondisi fisik lingkungan termasuk kebersihan, selama tahun 2023 kemarin tengah menjadi pusat perhatian," jelasnya, Kamis (21/3/2024).

Maka dari itu, urai Nurochman, hendaknya kegagalan Kota Batu mempertahankan Piala Adipura menjadi koreksi dan evaluasi.

Menurutnya, tidak ada pilihan lain kecuali Pemkot Batu harus segera fokus merealisasikan penanganan sampah secara terpadu.

"Kebersihan dan kerapian taman di Kota Batu, saya lihat sudah baik. Hanya saja apakah itu cukup untuk bisa meraih Adipura," tambahnya.

Untuk diketahui, di tahun 2023 lalu, Kota Batu berhasil meraih piala Adipura pertama dalam Anugrah Adipura Tahun 2022. Tidak seperti Kota Malang berhasil mempertahankan Piala Adipura kategori Kota Besar. 

Begitu juga, Kabupaten Malang yang berhasil mengamankan sertifikat Adipura. Sementara Kota Batu Gagal mendapatkan Piala Adipura 2023. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Piala Adipura sampah DPRD Kota Batu