Gabungkan Seni Rupa dan Liburan, Garis Gathuk Gelar Pameran Lukisan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

6 Juli 2023 15:46 6 Jul 2023 15:46

Thumbnail Gabungkan Seni Rupa dan Liburan, Garis Gathuk Gelar Pameran Lukisan Watermark Ketik
Salah seorang pengunjung sedang menikmati salah satu lukisan yang dipamerkan, Kamis (6/7/2023).(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Menyambut musim libur sekolah, Komunitas Garis Gathuk bersama dengan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya menggelar pameran lukisan bertajuk “Artcation”.

Pameran yang diselenggarakan di Basement Balai Pemuda, kompleks Alun-alun Surabaya ini, akan berlangsung mulai 1Juli hingga16 Juli 2023. Kegiatan ini sebagai alternatif bagi para siswa untuk mengisi waktu libur sekolah, pameran ini digelar dengan menggabungkan seni rupa dan konsep liburan, sehingga menciptakan atmosfer yang segar dan menyenangkan bagi pengunjung.

Memamerkan kurang lebih 77 karya dari 63 pelukis yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur, seperti Surabaya, Lamongan, Malang, Gresik, Sidoarjo, dan Madiun. 

"Pameran ini menampilkan beragam karya seni rupa yang terkait dengan tema liburan, seperti lukisan pemandangan alam, potret liburan, objek-objek yang menggambarkan aktivitas liburan," jelas Ketua Komunitas Garis Gathuk, Budi Bi.

Foto Suasana pameran yang ramai oleh pengunjung, Kamis (6/7/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Suasana pameran yang ramai oleh pengunjung, Kamis (6/7/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Budi menambahkan, teknik lukisan yang dipamerkan dalam “Artcation” ini beragam. Mulai dari teknik realis, abstrak, surealis, fantasi, dan lainnya. Usia pelukis pun beragam. Mulai dari pelajar SMP hingga tertua usia 70 tahun. 

“Kita mengajak anak muda itu biar mereka tahu, kalau berpameran itu begini sistemnya. Biar sekalian ada edukasinya,” tambahnya.

Sementara itu, ditemui di tempat yang sama salah satu pengunjung Naura menuturkan dirinya sebelumnya dirinya mengetahui pameran ini melalui media sosial, hingga akhirnya memutuskan untuk mengunjungi pameran “Artcation” ini bersama teman-temannya.

"Jadi memang saya suka hal-hal berbau seni, oleh sebab itu saya menyempatkan datang bersama teman teman,"katanya.

Siswa SMA asal Surabaya ini menjelaskan jika dirinya menyukai lukisan yang berbau abstrak dan pemandangan alam. Dengan melihat pameran ini dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan disaat libur sekolah.

"Pamerannya bagus sih, apalagi lukisannya bisa dinikmati oleh berbagai umur sehingga tidak mudah bosan," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Garis Gathuk pameran Lukisan SENI Libur sekolah