Fakultas Vokasi Unair Dikunjungi 735 Peminat dalam 4 Jam di Edu Fair Gresik

Jurnalis: Sutejo Rc
Editor: Naufal Ardiansyah

4 Januari 2024 10:16 4 Jan 2024 10:16

Thumbnail Fakultas Vokasi Unair Dikunjungi 735 Peminat dalam 4 Jam di Edu Fair Gresik Watermark Ketik
Stand Edu Fair Fakultas Vokasi Unair banyak diminati pelajar. (Foto: Sutejo/Ketik.co.id)

KETIK, GRESIK – Antusiasme calon lulusan SMA, SMK dan MA untuk memasuki perguruan tinggi cukup besar, khususnya Fakultas Vokasi Unair (Universitas Airlangga). Hal ini terlihat di kunjungan buku tamu peminat dalam kurang 4  jam, tidak kurang dari 735 pengunjung. 

Edu Fair sendiri digelar atas kerjasama MGBK  (Musyawarah Guru Bimbingan Konseling) SMA dan MA di Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP) Gresik, Kamis (4/1/2024) mulai pukul 07.30 - 12.30 WIB. 

Ketertarikan pelajar asal Gresik ini umumnya, selain Fakultas Vokasi ini memiliki jurusan yang mencetak mahasiswa siap kerja, juga dibuka kampus di Gresik,  sehingga tidak perlu ke Surabaya untuk menginjakkan kaki di bangku kuliah. 

Foto Abd Nasir bersama team Fakultas Vokasi Unair di Edu Fair Gresik. (foto: Sutejo/ketik.co.id)Abd Nasir bersama team Fakultas Vokasi Unair di Edu Fair Gresik. (foto: Sutejo/ketik.co.id)

Menurut Dr Nurudin, S.S, M.A, Koordinator Program Studi (KPS) Destinasi Pariwisata, ada 10 jurusan yang dibuka untuk tahun ini yaitu Sarjana Terapan (S.Tr.) Manajemen Perhotelan, Destinasi Pariwisata, Perbankan dan Keuangan, Perpajakan, Perkantoran Digital, K3, Teknologi Radiologi Pencitraan, Teknologi Laboratorium Medis, Sistem Informasi dan D III Keperawatan.

Dipilihnya kampus Fakultas Vokasi di Gresik juga karena faktor Gresik sebagai Central Dunia Industri, sehingga sangat diperlukan jurusan jurusan di Vokasi Unair.

"Apalagi lulusan vokasi juga banyak dinanti oleh dunia industri yang ada," ujar Nurudin. 

Bahkan Dr Abd Nasir,  S.Kep, Ns,  M.Kep, KPS Keperawatan mengatakan, untuk tahun ini akan membangun lokasi baru di Gresik. Selama ini menggunakan Kampus yang ada di dekat RS Ibnu Sina. 

Nasir menambahkan, untuk para lulusan SMK paling pas melanjutkan ke Fakultas Vokasi, karena memang materi kuliahnya lebih banyak praktek dari pada teori, sama dengan SMK. 

"Tetapi bagi lulusan SMA dan MA yang memang orientasinya nantinya terjun di dunia kerja juga sangat tepat. Apalagi perusahaan perusahaan tempat magang mahasiswa, siap menampung lulusan Fakultas Vokasi," papar Nasir pada Ketik.co.id.

Foto Para pelajar bertanya peluang kerja di stand Edu Fair Fakultas Vokasi. .  (foto: Sutejo/ketik.co.id)Para pelajar bertanya peluang kerja di stand Edu Fair Fakultas Vokasi. (foto: Sutejo/ketik.co.id)

Bahkan perusahaan besar juga melakukan kerjasama dengan Fakultas Vokasi, di antaranya PT. Semen Indonesia, PT. Petrokimia, PT. Pertamina, PT. KAI,  PT. PLN, PT. PAL.

Termasuk Rumah Sakit besar RSUD Dr Soetomo, RS Ibnu Sina, RS Unair, RS AL dan RSUD se Jawa Timur,  serta perusahan besar lainya. 

Sebagai mana dikutip dalam sambutanya, Prof. Anwar Ma'ruf, drh, M.Kes, Dekan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga,  Indonesia perlu mempersiapkan untuk bisa memenuhi kebutuhan perkembangan industri global.  

Tantangan terbesarnya adalah kemampuan sumber daya manusia. "Fakultas Vokasi Unair siap menjawab tantangan global tersebut," tandas Anwar Ma'ruf. (*)

Tombol Google News

Tags:

Edu Fair Gresik Fakultas Vokasi Unair MGBK SMA MGBK MA Universitas Airlangga