Empat Rest Area Wajib Dikunjungi Selama Mudik

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Marno

18 April 2023 18:00 18 Apr 2023 18:00

Thumbnail Empat Rest Area Wajib Dikunjungi Selama Mudik Watermark Ketik
Salah satu spot rest area KM 260 B yang bisa menjadi lokasi foto. (Foto : Kompas.com)

KETIK, JAKARTA – Rest Area atau tempat singgah sementara untuk melepas penat kala perjalanan jauh melalui jalan tol sekarang bukan hanya sebagai tempat istirahat. Namun banyak pengelola jalan tol yang menyulap rest area menjadi tempat yang nyaman dan bagus untuk berswafoto.

Kondisi tersebut yang membuat banyak pengendara memilih singgah di rest area itu. Ketik.co.id merangkum ada 4 rest area yang bagus dan intagrameble untuk sekedar dikunjungi.

1. Rest area Km 260B, Tol Pejagan-Pemalang

Foto Rest area KM 260B merupakan bangunan bekas pabrik gula. (Foto : PUPR)Rest area KM 260B merupakan bangunan bekas pabrik gula. (Foto : PUPR)

Rest area ini berada di Kabupaten Brebes, dikenal dengan nama rest area 260B Heritage-Banjaratma. Bangunan di rest area ini merupakan bekas pabrik gula Banjaratma yang didirikan oleh perusahaan Belanda. Dengan tema kolonial ini sesuai dengan bangunan yang ada di rest area ini. 

Banyaknya peninggalan yang ada pada bangunan bekas pabrik gula ini yang cocok menjadi lokasi foto. Beberapa peninggalan antara lain tungku bekas pabrik gula, mesin gilas pabrik gula, dan ilalang yang cocok untuk menjadi lokasi foto.

Selain spot foto, rest area ini memiliki wahana permainan seluncuran atau perosotan panjang bernama Srodotan Donat. Warna pelangi pada perosotan ini pastinya akan menarik bagi anak-anak.

Tidak hanya itu, rest area ini juga memiliki fasiltas layaknya rest area pada umumnya seperti Masjid serta berbagai macam Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Ada pula sekitar 110 tenant UMKM yang menjual berbagai masakan dan oleh-oleh. Rest area memiliki luas lahan mencapai 10,6 hektar.

2. Rest area Km 19, Tol Jakarta-Cikampek

Foto Rest area KM 19 merupakan rest area terbaik dengan kanopi terunik. (Foto : Kompas.com)Rest area KM 19 merupakan rest area terbaik dengan kanopi terunik. (Foto : Kompas.com)

Rest area yang sudah beroperasi sejak 2005 ini memiliki desain modern ini setelah sebelumnya rest area ini memperoleh penghargaan Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri) dengan kanopi di area SPBU dalam rest area sebagai kanopi terunik se-Indonesia. 

Tak heran jika pengendara yang mampir di rest area Km 19 tol Jakarta-Cikampek kerap menjadikannya untuk latar foto.  Terdapat fasilitas lengkap mulai dari SPBU, restoran, kafe, minimarket, gerai ATM, toilet eksekutif, masjid, dan bengkel.  

Baru-baru ini, rest area Km 19 Tol Jakarta Cikampek membangun hotel yang merupakan hotel pertama di ruas Tol Trans-Jawa.Hotel bintang 3 itu menyediakan 12 kamar tidur dan dua meeting room yang bisa disewa para pengunjung. 

3. Rest Area Km 88B, Tol Cipularang

Foto Rest area KM 88 dengan desain masjid yang unik bisa menjadi spot foto. (Foto : PUPR)Rest area KM 88 dengan desain masjid yang unik bisa menjadi spot foto. (Foto : PUPR)

Ikon Rest Area Km 88B di Tol Cipularang (arah Jakarta) adalah Masjid Al-Safar. Berdasarkan info dari laman Pemerintah Kota Bandung, masjid ini didesain Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang saat itu masih menjabat sebagai Wali Kota Bandung bersama Firma Urbane Indonesia. 

Masjid ini menarik perhatian setiap pengunjung karena memiliki desain yang futuristik. Berkapasitas 6.000 jemaah, Masjid Al-Safar berbentuk permata berwarna abu-abu. Selain masjid, rest area ini  memiliki wisata foto tiga dimensi (3D), berdasarkan informasi dari situs Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR. 

Jadi, pengunjung bisa mengabadikan momen bersama keluarga. Terdapat karakter pahlawan super, fauna, dan lainnya pada wisata 3D tersebut. Rest area ini pernah mendapatkan predikat terbaik dalam Penilaian Rest Area dan Jalan Tol Berkelanjutan 2021, berdasarkan informasi dari akun Twitter resmi Kementerian PUPR.

4. Rest area Km 456, Tol Semarang-Solo

Foto Salah satu rest area 456 yang tampak keren dengan pemandangan bagus. (Foto : PUPR)Salah satu rest area 456 yang tampak keren dengan pemandangan bagus. (Foto : PUPR)

Rest area Km 456 yang berada di ruas tol Semarang-Solo ini juga dikenal sebagai Resta Pendopo 456. Rest area ini mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai Rest Area Terbaik di Indonesia. 

Pemandangan yang bagus dengan latar belakang gunung serta sawah membuat masyarakat bisa mengabadikan moment mereka di rest area ini. Memiliki luas 3,3 hektare, Resta Pendopo 456 mempunyai sky bridge atau jembatan penghubung yang menghubungkan bangunan di ruas kanan dan kiri jalan tol. Keunikannya adalah pengunjung yang singgah dapat melihat pemandangan hamparan sawah dan gunung yang bisa menjadi spot foto Instagramable. (*)

Tombol Google News

Tags:

Rest area Arus Mudik mudik lebaran Idul Fitri