Ebrahim Raisi dan Jokowi Tanda Tangani Berbagai Kerja Sama Hari Ini

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Marno

23 Mei 2023 06:33 23 Mei 2023 06:33

Thumbnail Ebrahim Raisi dan Jokowi Tanda Tangani Berbagai Kerja Sama Hari Ini Watermark Ketik
Presiden Iran Seyed Ebrahim Raisi akan bertemu Presiden Jokowi  hari ini, Selasa (23/5/2023). (Foto: alarabiya.net)

KETIK, JAKARTA – Presiden Iran Seyed Ebrahim Raisi akan bertemu Presiden Jokowi hari ini, Selasa (23/5/2023).

Kedubes Iran di Jakarta menyampaikan rencana kunjungan Raisi dalam pernyataan resmi.

"Yang Mulia Dr. Seyed Ebrahim Raisi, Presiden Republik Islam Iran, atas undangan resmi dari Yang Mulia Bapak Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia, akan melakukan kunjungan ke Jakarta pada  23 hingga 24 Mei 2023," demikian pernyataan Kedubes Iran.

Kunjungan ini bertujuan mempererat kerja sama kedua negara yang sudah terjalin sejak 1950. Menurut Kedubes Iran, hubungan Jakarta dan Teheran semakin 'mesra' dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam lawatan ini, Raisi dan Jokowi dilaporkan akan bertukar pandangan soal berbagai isu. Kedua presiden juga disebut bakal menandatangani sejumlah kerja sama di bidang energi, produk farmasi kesehatan, produk makanan, budaya, kerja sama kepabeanan, hingga perdagangan.

Selain bertemu Jokowi, Raisi akan bertemu Ketua DPR dan Ketua MPR. Ia juga bakal ramah-tamah dengan para cendekiawan, pemikir, dosen, mahasiswa hingga pelaku usaha di Indonesia.

Sebagai negara mayoritas muslim, Indonesia, di mata Iran, memiliki kesamaan budaya dan peradaban. Selain itu, RI punya kapasitas yang signifikan untuk diajak kerja sama di berbagai bidang di tengah konflik yang melanda sistem perpolitikan internasional.

"Indonesia merupakan negara yang memiliki posisi istimewa dalam benak pemerintah Republik Islam Iran, khususnya dengan letak geografis Republik Indonesia yang berada di jantung jalur transportasi dan perdagangan internasional di kawasan Asia Timur dan negara-negara ASEAN," lanjut pernyataan itu.

Dalam memimpin, Raisi melakukan diplomasi aktif dan mengambil pendekatan baru terkait kebijakan luar negeri Iran.

Slogan pendekatan baru itu yakni "seimbang, cerdas, dan dinamis." Sebagai perwujudan dari pendekatan itu, Raisi berkunjung ke lebih dari 10 negara dan menerima kunjungan dari berbagai negara untuk memperluas kerja sama.(*)

Tombol Google News

Tags:

Jokowi Ebrahim Raisi kunjungan kerja sama