Dukung SSA di Jember, Bus Gratis Mahasiswa dan Pelajar Khusus Kampus Disiapkan

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

23 Oktober 2023 12:55 23 Okt 2023 12:55

Thumbnail Dukung SSA di Jember, Bus Gratis Mahasiswa dan Pelajar Khusus Kampus Disiapkan Watermark Ketik
Sejumlah mahasiswa naik Angkutan Kawasan Khusus Kampus di Jember (Foto: tangkapan layar video Dishub Jember)

KETIK, JEMBER – Menyambut pemberlakuan uji coba Sistem Satu Arah (SSA) Lingkar Kampus di Jalan Jawa, Kalimantan, Mastrip, dan Riau, Dinas Perhubungan (Dishub) Jember bekerjasama dengan Politeknik Negeri Jember (Polije) menyediakan bus gratis bagi mahasiswanya.

Tidak hanya mahasiswa Polije, bahkan pelajar yang bersekolah di kawasan kampus juga dapat merasakan fasilitas angkutan umum ini secara cuma-cuma atau gratis.

Dikutip dari akun Instagram resmi Dishub Jember, Angkutan Kawasan Khusus Kampus ini merupakan angkutan khusus mahasiswa dan pelajar sebagai alternatif kendaraan selama uji coba Sistem Satu Arah. 

“Angkutan kawasan khusus kampus ini juga melewati semua jurusan yang ada di Politeknik Negeri Jember, jadi ga hanya sampai gerbang aja tapi bisa sampai depan kelas lho,” dikutip dari akun instagram dinasperhubungankab.jember.

Bus tersebut mulai beroperasi sejak 19 Oktober 2023, dengan rute Jalan Tawangmangu-Mastrip-Politeknik Negeri Jember-Riau-Jawa-Sumatera pada jam 06.00-08.00 pagi dan 16.00-18.00 sore saat pemberlakuan SSA.

Terpisah, Wakil Direktur Polije Bidang Akademik, Surateno, menyatakan, hal ini sebagai bagian dari respon positif rekayasa lalu lintas yang diterapkan oleh Pemkab Jember.

Menurutnya, sebagai bagian dari upaya untuk mengatur arus lalu lintas, utamanya memecah kemacetan pada jam-jam tertentu, uji coba SSA harus direspon positif. “Tapi kita akan lihat perkembangannya seperti apa,” paparnya Senin (23/10/2023).

Sementara untuk kemungkinan pelaksanaan teknis di lapangan yang dapat berubah sesuai kebutuhan. “Untuk teknisnya kami masih menunggu info lebih lanjut,” tutup Surateno.(*)

Tombol Google News

Tags:

Angkutan Kawasan Khusus Kampus SSA Lingkar Kampus Politeknik Negeri Jember Dishub Jember Jember mahasiswa Bus gratis Pelajar