Dua Pendatang Baru dari Dapil V Diprediksi Geser Petahana di DPRD Gresik

Jurnalis: Sutejo Rc
Editor: Muhammad Faizin

19 Februari 2024 05:22 19 Feb 2024 05:22

Thumbnail Dua Pendatang Baru dari Dapil V Diprediksi Geser Petahana di DPRD Gresik Watermark Ketik
Sudadi, pendatang baru dari PAN di Dapil V, diprediksi jadi wajah baru di DPRD Gresik. (foto: Sutejo / Ketik.co.id)

KETIK, GRESIK – Dua pendatang baru diperkirakan akan menggeser petahana atau inkamben dalam persaingan perebutan kursi di Dapil V DPRD Kabupaten Gresik, yang meliputi Kecamatan Benjeng dan Balongpanggangg.

Hingga hari Senin (19/02/2024) pagi ini, website pemilu2024.kpu.go.id, menunjukkan, sudah ada 78,81 persen suara yang masuk, yakni 279 dari 354 TPS yang ada.

Dari perhitungan suara sementara tersebut, Sudadi dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan Ainul Yaqin Tirta Syahputra dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang merupakan pendatang baru, berhasil masuk dalam lima besar.

Berdasarkan perhitungan sementara, menunjukan Tirta berhasil meraih 5.998 suara, lebih unggul dibandingkan koleganya sesama caleg PKB, Moh Syafi' (incumbent) yang mendapat 4.565 suara.

Foto Pembukaan rapat pleno rekapitulasi PPK Benjeng Dapil 5 Gresik,  dihadiri Forkopincam.  (foto:sutejo / ketik.co.id)Pembukaan rapat pleno rekapitulasi PPK Benjeng Dapil 5 Gresik, dihadiri Forkopincam. (foto:sutejo / ketik.co.id)

Data yang dihimpun ketik.co.id dari berbagai sumber, terdapat lima partai yang berhasil unggul di Dapil V yang memperebutkan 5 kursi. Yakni PKB (24.283 suara), Gerindra (11.911 suara), Golkar (11.320 suara), PAN (10.581 suara), PDIP (8,899 suara). Sementara Nasdem yang berada di peringkat keenam dengan raihan 7,935 suara, diperkirakan akan sulit untuk mengejar. Sehingga petahana dari Nasdem di DPRD Gresik periode 2019 – 2024, yakni Nur Hudi Didin Arianto, diperkirakan akan kehilangan kursinya.

Jika tidak ada perubahan suara yang signifikan,  maka 5 kursi dari Dapil V itu masing-masing –secara berurutan berdasarkan peringkat jumlah suara- akan diraih oleh Ainul Yaqin Tirta Saputra (PKB), Abdullah Munir (Gerindra), Komsatun (Golkar), Sudadi (PAN) dan Anton (PDIP). 

Kuri kelima masih rawan, di mana PKB berpeluang menyodok PDIP dari perolehan kursi di Dapil V. Moh Syafi’ berpeluang tetap bertahan di DPRD Gresik sekaligus menggeser peluang PDIP mengirimkan wakilnya dari Dapil V. Hal itu baru bisa terjadi jika PKB tembus hingga 27.000 suara. Sementara suara PKB setelah dibagi 3, untuk kursi kedua 8.094, masih dibawah PDIP. 

Foto Karena ada perbedaan jumlah suara terpaksa buko kotak suara.  (foto:sutejo / ketik.co.id)Karena ada perbedaan jumlah suara terpaksa dilakukan pembukaan kotak suara. (foto:sutejo / ketik.co.id)

Menurut ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Benjeng, Andrik Pamungkas, rekapitulasi suara baru berjalan 2 hari dan akan berlangsung hingga tanggal 22 Februari 2024. “Itupun bisa molor tergantung aplikasi dan permasalahan saat perhitungan,” ujarnya.

Andrik menyampaikan bahwa perhitungan rekapitulasi menggunakan Sirekap 
KPU, harus dihentikan dan ditunda, jika terjadi masalah pada sistem. "Jadi jadwal bisa maju atau mundur," ujarnya saat meberikan sambutan pembukaan rapat pleno rekapitulasi. (*)

Tombol Google News

Tags:

Dapil 5 Gresik Benjeng Balongpanggang gresik DPRD Gresik Caleg Jadi perhitungan suara sementara