Dua Kelurahan di Surabaya Jadi Kelurahan Bersih Narkoba

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Rudi

15 Maret 2023 11:55 15 Mar 2023 11:55

Thumbnail Dua Kelurahan di Surabaya Jadi Kelurahan Bersih Narkoba Watermark Ketik
Dua kelurahan di Surabaya ditunjuk BNNK Surabaya menjadi Kelurahan Bersih Narkoba. (Foto : M.Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Dua keluruhan di Surabaya menjadi kelurahan bersih narkoba (bersinar) yang menjadi prioritas nasional Badan Narkotika Nasional (BNN) RI 2023. Kelurahan Tegalsari dan Kelurahan Kedungdoro merupakan dua kelurahan yang ditunjuk BNN Kota Surabaya menjadi Kelurahan Bersinar.

Kepala BNN Kota Surabaya Kombes. Drs. Roni Bachtiar Arif yang diwakili Kepala Tim Rehabilitasi BNN Kota Surabaya dr. Singgih Widi Pratomo SH, MH pemilihan kedua kelurahan ini lantaran keduanya aktif dalam mengantisipasi peredaran narkotika. Dengan ditunjuk kedua kelurahan ini, BNNK Surabaya langsung melakukan pendampingan. 

"Kami langsung membentuk agen pemulihan kepada 10 orang kader, masing-masing 5 orang kader dari Kelurahan Tegalsari dan Kelurahan Kedungdoro," ungkap Singgih, Rabu (15/3/2023).

Singgih menjelaskan nantinya agen pemulihan ini merupakan kepanjangan tangan BNNK Surabaya. "Nantinya kami bekali 10 agen ini yang akan melakukan kegiatan dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba," jelasnya.

Ada lima yang harus dilakukan oleh 10 agen pemulihan pertama menemukenali korban atau penyalahgunaan narkoba, kedua memberikan edukasi dan sosialisasi terkait bahaya narkoba.

Ketiga dengan melakukan pendampingan bagi korban atau penyalahgunaan  narkoba. Keempat melakukan bimbingan lanjut terhadap korban / penyalahgunaan narkoba, serta kelima dengan membuat laporan secara berjenjang baik kepada Pemkot maupun BNN.

Dengan lima langkah itu, Singgih berharap langkah yang dilakukan BNNK Surabaya bisa menekan angka penyalahgunaan narkoba. 

"Dengan adanya sinergitas BNN bersama OPD dan seluruh lapisan masyarakat, kita yakin BNN mampu melakukan akselerasi (percepatan ) War On Drugs menuju Indonesia Bersinar ( Bersih Narkoba ) sebagaimana yang digaungkan oleh Kepala BNN RI Komjen. Petrus R. Golose," ungkap Singgih. (*)

Tombol Google News

Tags:

BNNK Surabaya narkoba Surabaya kelurahan Bersih Narkoba