DPRD Surabaya Dukung URC DSDABM untuk Kurangi Genangan Saat Hujan

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

7 Desember 2023 09:38 7 Des 2023 09:38

Thumbnail DPRD Surabaya Dukung URC DSDABM untuk Kurangi Genangan Saat Hujan Watermark Ketik
Ketua Komisi C DPRD Surabaya Baktiono. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – DPRD Surabaya mendukung penuh langkah Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) yang menyiagakan Unit Reaksi Cepat (URC) untuk mengantisipasi genangan di Kota Pahlawan pada musim hujan.

Menurut Ketua Komisi C DPRD Surabaya Baktiono, langkah DSDABM menggunakan URC dalam mengantisipasi genangan air di Surabaya merupakan inovasi yang bagus.

“Ibaratnya Pemkot sedia payung sebelum hujan,” ujar Baktiono.

Menurutnya, URC adalah langkah serius dari Pemkot Surabaya untuk menanggulangi genangan di beberapa titik. Mobil pemadam kebakaran bisa menghisap genangan air secara langsung kemudian disalurkan secara on the spot.

“Kita apresiasi kinerja pemkot, mereka sebelum hujan sudah menyiapkan perangkat-perangkatnya termasuk URC," paparnya.

Baktiono tegas, program dari Pemkot Surabaya khususnya URC harus bergerak cepat untuk mengantisipasi genangan di beberapa titik Surabaya. "Jangan sampai air masuk ke perkampungan lagi, karena langsung dialirkan lewat mobil-mobil PMK," jelasnya.

Di tempat berbeda, Kabid Drainase Dinas DSDABM Kota Surabaya, Windo Gusman Prasetyo menjelaskan Pemkot Surabaya fokus melakukan pembangunan saluran untuk menanggulangi genangan di wilayah-wilayah tersebut.

"Kami harap hujan di tahun 2023-2024 ini bisa mengurangi genangan yang ada. Paling tidak itu hampir lebih dari 50 persen bisa mengurangi genangan di wilayah tersebut," jelasnya.

Penanggulangan genangan pada akhir tahun 2023-2024 tidak hanya dilakukan DSDABM dengan melakukan normalisasi saluran, tetapi juga mengoptimalkan keberadaan 75 lokasi rumah pompa yang tersebar di Kota Surabaya.

"Karena sekitar 80 persen topografi Surabaya memang dataran rendah. Dengan adanya rumah pompa, maka aliran air lebih cepat mengalir ke laut atau ke sungai," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

DPRD Surabaya Komisi C DSDABM genangan Baktiono URC genangan di Surabaya