Dishub Jatim Buka Pendaftaran Mudik Gratis Via Kapal Laut, Sediakan 3.500 Kuota Penumpang

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Mustopa

25 Maret 2024 08:58 25 Mar 2024 08:58

Thumbnail Dishub Jatim Buka Pendaftaran Mudik Gratis Via Kapal Laut, Sediakan 3.500 Kuota Penumpang Watermark Ketik
Pendaftaran mudik gratis secara offline di kantor Dishub Jatim, Senin (25/3/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur mulai membuka pendaftaran mudik bareng gratis 2024 via kapal laut secara online. Dishub Jatim menyedikan 3.500 penumpang untuk nantinya diangkut dalam perjalanan mudik melalui kapal laut.

"Kami juga akan mengangkut sepeda motor diangkut sebanyak 2.100 unit motor yang akan diangkut melalui kapal laut," ujar Kepala Dishub Jatim, Nyono, Senin (25/3/2024).

Nyono menyampaikan bahwa mudik gratis kapal laut ini hanya tersedia di Pelabuhan Jangkar Situbondo ke Pulau Raas Sumenep. Dalam pelaksanaanya, ada sebanyak tujuh perjalanan yang difasilitasi.

"Fasilitas mudik penyeberangan tanggal 2 April itu kapal penyeberangan ke Pulau Raas. Dari Jangkar ke Pulau Raas 7 kali. Jika PP (pulang pergi) 14 kali," kata Nyono.

Pemberian fasilitas mudik gratis dari pelabuhan Jangkar - Raas untuk memudahkan pekerja dan santri asal Raas yang merantau di Situbondo bahkan Bali.

"Karena pada saat hari raya masyarakat Pulau Raas banyak pekerja di Bali dan itu akan membludak membuat Jangkar jadi perhatian. Ditambah banyak santri yang memilih mondok di Situbondo," ungkap Nyono.

Sebelumnya, Dishub Jatim menyediakan mudik gratis jalur darat, baik itu dalam provinsi dan antarprovinsi. Dalam provinsi melayani 20 kabupaten/kota di Jatim, sementara antarprovinsi melayani perjalanan dari Jakarta ke Jatim. (*)

Tombol Google News

Tags:

Mudik gratis gunakan kapal laut Kapal laut Mudik gratis Dishub Jatim Jawa timur Pelabuhan Jangkar pulau raas