Dirut Wismilak Ungkap Kunci Menjaga Keberlangsungan Model Bisnis Keluarga 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Moana

21 Januari 2023 12:18 21 Jan 2023 12:18

Thumbnail Dirut Wismilak Ungkap Kunci Menjaga Keberlangsungan Model Bisnis Keluarga  Watermark Ketik
Direktur Utama PT Wismilak Inti Makmur Tbk, Ronald Walla (paling tengah) saat menjadi narasumber dalam acara Surabaya Friendship Club (SFC) di Resto Nine, Sabtu (21/1/2023).(Shinta Miranda Sari/KETIK)

KETIK, SURABAYA – Direktur Utama PT Wismilak Inti Makmur Tbk, Ronald Walla membagikan kiat sukses dalam menjaga keberlanjutan model bisnis keluarga atau family business

Wismilak sendiri merupakan perusahaan rokok Indonesia yang didirikan di Surabaya pada tahun 1962. 

Dengan pengalaman usaha mencapai 61 tahun, Wismilak terus melangkah ke depan mengembangkan teknologi usaha, sumber daya manusia dan pemasarannya untuk meningkatkan keberlanjutan.

Sebagai old money family, putra Willy Walla ini tak segan berbagi strategi sukses. Termasuk rahasia menjaga eksistensi bisnis yang telah diestafkan oleh mendiang sang ayah. 

Menurut Ronald, komunikasi dan konstitusi  merupakan kekuatan kunci dari model bisnis keluarga. Karena dengan demikian, dapat menciptakan keutuhan lewat keseluruhan sistem yang telah dibangun. Setiap anggota juga harus memiliki visi dan nilai yang sama. 

Mereka juga harus bertanggungjawab dan wajib mengutamakan bisnis tersebut serta memiliki rencana jangka panjang ke depan secara matang. Kekuatan bisnis ini dibangun agar memberikan keamanan finansial hingga generasi berikutnya. 

"Persiapkan suksesi keluarga, hargai suksesi hingga generasi ke-6," terang Ronald Walla di acara business sharing Surabaya Friendship Club (SFC) bertema Striving Forward, Hybrid & Collaboration di Resto Nine, Sabtu (21/1/2023).

saat menjadi narasumber dalam acara kopi darat Surabaya Friendship Club (SFC) di Resto Nine, Sabtu (21/1/2023). 

Selain berbagi strategi, Ronald Walla juga mengungkapkan tiga motivasi penting dalam perjalanan hidupnya. 

Ia mengaku mengalami banyak mukjizat 
dengan motivasi tersebut. Yaitu patience, trust dan positive. Kunci tersebut ia dapatkan dari Master Umesh H Nandwani. 

"Kita sebagai manusia tidak tahu apa yang terjadi ke depan. Misal kita sudah kerja keras tapi tidak sesuai ekspektasi. Trust the universe proses. Saya mendapat ini dari guru meditasi saya," ujarnya. 

Jika sudah mendapatkan tantangan dalam hidup, maka percaya pada proses alam semesta adalah pilihan terbaik. Biarkan alam semesta bekerja. Temukan makna dan kemampuan menghadapi tantangan lebih besar untuk menggapai kesuksesan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Ronald Walla Direktur Utama PT Wismilak Inti Makmur Tbk Surabaya Friendship Club