Dinilai Sempit, DPUTR Kab Bandung Perbaiki dan Perlebar Jalan Raya Rancaekek-Majalaya

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

22 Juli 2024 14:22 22 Jul 2024 14:22

Thumbnail Dinilai Sempit, DPUTR Kab Bandung Perbaiki dan Perlebar Jalan Raya Rancaekek-Majalaya Watermark Ketik
Jalan Raya Rancaekek-Majalaya yang diperbaiki dan diperlebar Pemkab Bandung. (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Pemkab Bandung melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) saat ini tengah mengerjakan perbaikan dan pelebaran Jalan Raya Majalaya-Rancaekek sepanjang 755 meter hingga Jembatan Sungai Citarik, di Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung.

"Jalan Rancaekek-Majalaya diperlebar menjadi 3 sampai 3,5 meter, dengan anggaran bersumber dari APBD Kabupaten Bandung sebesar Rp2,2 miliar, dengan waktu pengerjaan 120 hari kalender," kata Kepala DPUTR Kabupaten Bandung Zeis Zultaqawa, Senin (22/7/2024).

Sebelumnya jalan tersebut dinilai sempit, hanya mampu memuat dua kendaraan dari berlawanan, sehingga setiap kendaraan berpapasan harus menurunkan laju kecepatan. Tak hanya itu, kondisi jalan tersebut banyak sekali ditemukan tambalan pemeliharaan.

Selain sempit, Jalan Raya Majalaya-Rancaekek pun, setiap harinya dilintasi oleh kendaraan besar truk kontainer industri yang berada di Kecamatan Solokanjeruk dan Kecamatan Majalaya.

Camat Rancaekek Diar Hadi Gusdinar menambahkan, pelebaran Jalan Raya Rancaekek- Majalaya dengan anggaran yang cukup besar ini merupakan bentuk perhatian Bupati Bandung Dadang Surpriatna melalui DPUTR Kabupaten Bandung.

"Perbaikan dan pelebaran Jalan Raya Rancaekek-Majalaya ini memang dari dulu sangat ditunggu-tunggu warga masyarakat, terutama dari Rancaekek. Jalan tersebut akan lebih membantu memperlancar arus lalu lintas dengan diperlebar," kata Camat Rancaekek.

Dampak lainnya dari pelebaran jalan itu, imbuh camat, bahu jalan akan lebih tertata dan tidak dimanfaatkan oleh bangunan liar atau tempat pembuangan sampah liar.

"Harapan ke depannya dari warga, setelah ada pelebaran juga ada perbaikan dengan dihotmix, mulai dari Pasar Dangdeur sampai Jembatan Sungai Citarik perbatasan dengan Kecamatan Solokanjeruk," tutur Diar.

Menurutnya harapan warga ini memang sudah diaspirasikan warga saat pertemuan Bupati Bandung dengan para alumni SMPN 1 Rancaekek tahun 2022 lalu, juga aspirasi dari BPD Rancaekek Wetan.

Menanggapi perbaikan dan pelebaran jalan ini, tokoh masyarakat Kecamatan Rancaekek, Apih Jaja Dipraja menyampaikan rasa terima kasih warga atas kepedulian Pemkab Bandung.

"Ya, mantap lah diperbaiki sekaligus dilebarkan. Ini artinya Bapak Bupati Bandung dan Kadis PUTR benar-benar memperhatikan kepentingan publik, dengan memperbaiki jalan Raya Rancaekek- Majalaya yang hampir 24 jam jalan tersebut selalu ramai dilintasi kendaraan," kata Apih Jaja.

Apih juga menambahkan, setelah jalan diperbaiki dan dilebarkan, alangkah lebih baiknya lagi jika penerangan jalan umum (PJU) di sepanjang Jalan Raya Rancaekek-Majalaya itu dibikin terang lagi.

"Sebab di sepanjang jalan itu PJU masih kurang jumlahnya dan yang sudah ada terpasang pun sudah banyak yang padam," ungkap Apih Jaja.(*)

Tombol Google News

Tags:

BUPATI BANDUNG DADANG SUPRIATNA jalan perbaikan jalan Pelebaran Jalan PEMKAB BANDUNG