Di Hari Pancasila 2024, Jokowi Sebut Indonesia Dukung Penuh Palestina

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Marno

1 Juni 2024 04:51 1 Jun 2024 04:51

Thumbnail Di Hari Pancasila 2024, Jokowi Sebut Indonesia Dukung Penuh Palestina Watermark Ketik
Presiden Joko Widodo. (Foto: Akun X@jokowi)

KETIK, JAKARTA – Presiden Joko Widodo menegaskan Indonesia mememperjuangkan kemerdekaan semua bangsa tak terkecuali Palestina.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi dalam pidatonya saat memimpin upacara Hari Lahir Pancasila, di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Dumai, Riau, Sabtu (1/6/2024).

"Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, Indonesia konsisten dengan politik bebas aktif, memperjuangkan kemerdekaan semua bangsa, termasuk bangsa palestina, dan memperjuangkan perdamaian dunia," kata Jokowi.

Lagi pula, lanjut Jokowi, Indonesia selama ini telah berhasil aktif dalam berbagai kegiatan internasional, mulai dari menjadi pemimpin Presidensi G20 2022, menjadi Ketua ASEAN 2023, dan aktif di berbagai perhelatan."Termasuk melalui World Water Forum yang baru saja diselenggarakan," katanya.

Hingga saat ini, Agresi Israel ke Gaza, Palestina masih terus terjadi hingga saat ini. Sejak dimulai pada Oktober 2023 lalu, ratusan ribu masyarakat Palestina menjadi korban.

Teranyar, Israel bahkan telah menyerang kamp pengungsi Palestina di Rafah, Gaza Selatan. Banyak korban jiwa, termasuk di antaranya perempuan dan anak-anak.

Negara-negara yang sebelumnya memberi dukungan terhadap Isarel pun mulai berbalik. Banyak negara-negara Eropa kini justru mendukung kemerdekaan Palestina. (*)

Tombol Google News

Tags:

Presiden Joko Widodo Jokowi Jokowi Palestina Upacara Hari Lahir Pancasila ASEAN 2023